Anak Adat Ditantang Tunjukkan Eksistensi Melalui Prestasi

Bagikan Bagikan
Kepala Kesbangpol Mimika, Petrus Lewa Koten.(Foto-Dok-SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika menantang anak-anak adat khususnya dari masyarakat suku Amungme untuk mampu menunjukkan eksistensinya melalui prestasi. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Petrus Lewa Koten saat menghadiri kegiatan Lembaga Adat Masyarakat Suku Amungme (Lemasa) di Jalan Cenderawasih, Kamis (21/2).

“Yah, tentunya menunjukan eksistensinya dengan belajar, karena hanya dengan belajar anak-anak mampu untuk berkarya dan siap untuk membangun tanah ini,” kata Petrus Lewa Koten.

Khususnya generasi Lemasa, Petrus berharap pemuda sebagai generasi penerus harus berusaha dan jangan mengharapkan sesuatu yang belum pasti.

“Intinya jangan harap gampang. Generasi Amugme harus mampu membangun dan mengembangkan lembaga masyarakat adat ini,” ujarnya.

Menurut dia, jika generasi muda terbiasa dengan berharap untuk mendapatkan hal-hal yang gampang, maka hal itu akan terus melekat dan membuat generasi muda tidak ingin belajar dan menemukan hal yang baru, yang nantinya hal baru itu justru membuat mereka tidak mampu memajukan daerahnya sendiri.

Oleh karena itu, Petrus meminta generasi muda Amungme yang ada harus mampu belajar dari bawah, atau dari permulaan. Karena hal tersebut akan menjadi suatu pelajaran yang berarti. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment