BPBD Kelola Dana Rp9,8 Miliar, Hanya Digunakan untuk Bimtek dan Pelatihan

Bagikan Bagikan
Kepala BPBD Mimika, Yosias Lossu, SE., M.Si. (Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika pada tahun ini mengelola dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Baerah (APBD) Mimika sebesar Rp9,8 miliar. Dana senilai itu hanya bisa untuk melaksanakan dan menghadiri beberapa kegiatan saja dan pembayaran honor.

Kepala BPBD Kabupaten Mimika, Yosias Lossu, SE., M.Si mengakui bahwa pelaksanaan program fisik yang sudah direncanakan sebelumnya tidak terakomodir ke dalam anggaran.

“Padahal kami membutuhkan barak pegawai Damkar (Pemadam kebakaran) di SP 2, dan pengadaan satu unit mobil pemadam. Tapi semuanya tidak terakomodir. Makanya, dengan anggaran itu hanya bisa untuk melakukan bimtek dan pelatihan saja, termasuk honor pegawai. Kemudian untuk biaya menghadiri HUT Damkar di Pekanbaru,” ungkap Yosias saat ditemui di kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, Kamis (21/2).

Yosias juga menjelaskan bahwa, mengingat kekurangan dana, saat ini pihaknya masih menggunakan Pos Damkar yang terletak di SP 2 sebagai pos. Sedangkan untuk armada saaat ini masih tetap bertahan dengan jumlah delapan unit yang pengadaannya pada tahun sebelumnya.

“Kita juga sudah rencanakan untuk pemasangan hydrant, untuk pemadaman di wilayah pasar sentral. Tapi karena tidak ada anggaran, makanya tidak dilaksanakan,” ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment