Buang Sampah Sembarangan Di Biak Sanksi Rp 10 Juta

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Biak, Iwan Is Mulyanto (kiri).(Foto-Antara)

SAPA (BIAK) - Sanksi hukuman bagi warga di Kabupaten Biak Numfor yang tertangkap tangan membuang sampah di sembarang tempat sesuai dengan Peraturan Daerah(Perda) 2018 akan dikenakan denda sebesar Rp10 juta hingga pidana kurungan.

"Perda pengelolaan sampah Biak akan segera diberlakukan jika hasil evaluasi Biro Hukum Pemprov Papua sudah disetujui," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Biak, Iwan Is Mulyanto di Biak, Kamis (21/2).

Ia mengakui, saat Perda pengelolaan sampah mulai diterapkan, maka sudah ada payung hukum untuk menindak setiap warga yang tertangkap atau ketahuan membuang sampah tidak pada tempatnya.

Iwan mengatakan, sebelum Perda pengelolaan sampah diberlakukan di Kabupaten Biak Numfor pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada semua elemen masyarakat.

"Dengan adanya sosialisasi, maka setiap warga Biak Numfor akan mengetahui tentang sanksi pengelolaan sampah yang tertuang dalam Perda tahun 2018," ujarnya.

Menyinggung tempat pembuangan sampah dimiliki Dinas Lingkungan Hidup, menurut Iwan, hingga 2019 ada 17 bak kontainer penampung sampah yang dipasang di berbagai titik distrik Biak Kota, distrik Samofa dan distik Yendidori.

"Bak penampung sampah sementara yang dipasang untuk mempermudah warga Biak Numfor agar membuang limbah sampah rumah tangga,"katanya.

Terkait persiapan penilaian Adipura 2019, Iwan Menjelaskan, secara umum Pemkab Biak Numfor telah siap menghadapi penilaian Adipura yang sangat ketat kreteria penilaian secara menyeluruh dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Biak sebagai kota bersih harus dijaga bersama oleh semua elemen masyarakat dengan cara membuang sampah pada tempat bak yang disediakan Dinas Lingkungan Hidup," ujarnya.

Berdasarkan data Kabupaten Biak Numfor sebagai kota kecil terbersih telah mendapat piala Adipura sebanyak lima kali beruntun pada 2014-2018. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment