Dua Kampung di Agimuga Nikmati Penerangan dari Solar Cell

Bagikan Bagikan
Kadistrik Agimuga, Yulius Katagame. (Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Secara perlahan, dua kampung yakni Fakafuku dan Mokosimamo, Distrik Agimuga mulai menikmati penerangan yang aliran listriknya bersumber dari solar cell. Hal ini disampaikan Kepala Distrik (Kadistrik) Agimuga, Yulius Katagame.

Yulius saat ditemui usai mengikuti sosialisasi terkati Surat Keputusan (SK) Bupati Mimika tentang peresmian Lembaga Masyarakat Adat Suku Amungme (Lemasa) di kantornya Jalan Cenderawasih, Kamis (21/2), mengatakan kedua kampung tersebut sudah menikmati penerangan listrik sejak dua bulan yang lalu.

“Sekarang sudah ada dua kampung yang menikmati penerangan listrik di Agimuga,” ungkap Yulius.

Sementara untuk enam kampung lainnya, menurut dia, saat ini sedang menunggu dikeluarkannya izin prinsip dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) agar selanjutnya diteruskan ke Pemerintah Pusat oleh PLN Timika. Di mana, penerangan listrik untuk enam kampung tersebut akan menggunakan tenaga diesel.

“Untuk fasilitas instalasi sudah disiapkan. Begitu juga dengan rumah untuk diesel dan petugasnya, sudah dibangun. Kalau DPM-PTSP telah mengeluarkan izin prinsip, PT PLN Persero Timika akan melaporkan ke Pemerintah Pusat, sehingga dari pusat bisa mengirimkan pembangkit tenaga listriknya,” tuturnya.

Ia mengatakan, untuk memperlancar dan mempercepat pasokan listrik di enam kampung itu, Pemerintah Distrik akan memberikan dukungan dalam bentuk subsidi anggaran. Subsidi anggaran ini nantinya akan menggunakan dana desa (DD), namun estimasi anggarannya belum dapat dipastikan.

“Kami akan subsidikan anggaran dan sudah disetujui oleh Kepala BPMK (Badan Pemberdayaan Masyarakat Kmpung) untuk menggunakan dana desa dan disetujui oleh masyarakat dan aparat distrik dan kampung. Kan dana desa juga bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat,” ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment