Fokus Persiapan PON, Pemkab Tandatangani NPHD Pemilu Rp35 Miliar

Bagikan Bagikan
Ilustrasi-Lambang KPU dengan mata uang Rupiah pecahan Rp100 ribu.(Foto-Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Penjabat Sekda Kabupaten Mimika, Marthen Paiding mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dalam hal ini Bupati Eltinus Omaleng telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebesar Rp35 miliar untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu 2019 di Mimika.

Di mana, jumlah yang disepakati Rp35 miliar ini diberikan tidak sesuai dengan permohonan yang diajukan dari pihak penyelenggara pemilu maupun pihak keamanan. Hal itu lantaran pemkab saat ini tengah fokus menyiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 Papua, dan Mimika menjadi salah satu cluster perhelatan ini.

Marthen menjelaskan, dari dana hibah sebesar Rp35 miliar, terbagi untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika sebesar Rp22,5 milar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebesar Rp3,3 miliar dan pihak keamanan dalam hal ini TNI-Polri sebesar Rp9,2 miliar.

Sebelumnya, KPU Mimika mengajukan permohonan dana hibah sebesar Rp25 miliar, sedangkan Bawaslu Rp5 miliar, Kodim 1710/Mimika (TNI) Rp8 miliar, dan Polres Mimika (Polri) Rp6,7 miliar.

“Kita salurkan dana hibah pemilu itu kurang dari jumlah yang diusulkan. Karena mau bagaimana lagi, sekarang kita fokus dengan persiapan PON. Untuk pengamanan itu sebanyak 9,2 miliar, karena dibagi antara Kodim dan Polres. Kita tidak tahu pembagiannya seperti apa, karena itu ranah TNI dan Polri,” jelasnya, saat dihubungi Salam Papua via telepon, Minggu (24/2).

Dengan begitu, Marthen mengharapkan bantuan untuk penyelenggara dapat memperlancar jalannya pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) di Mimika. Demikian juga bantuan untuk pengamanan, diharapkan agar Mimika bisa menyelenggarakan pemilu dengan aman dan tertib.

Sebelumnya, penandatanganan NPHD ini dilakukan Hotel Luminor, Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2). Penandatanganan selain dilakukan oleh Bupati Eltinus Omaleng, juga oleh Ketua KPU Mimika, Indra Ebang Ola, Ketua Bawaslu Mimika, Yonas Yanampa dan Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto. Serta disaksikan oleh Sekda Mimika, Marthen Paiding, Kepala Bappeda Simon Mote, Kepala Bapenda Dwi Cholifah, Kepala BPKAD Marthen Malisa dan Kabag Hukum Setda Mimika, Sihol Parningotan. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment