Ini Rencana Yohanis Bassang Usai Menjabat Wakil Bupati Mimika

Bagikan Bagikan
Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Yohanis Bassang, SE., M.Si. (Foto-Saldi)

SAPA (TIMIKA) – Yohanis Bassang mengungkapkan setelah masa jabatannya berakhir sebagai Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Mimika pada 6 September 2019, dirinya akan pulang ke kampung halamannya di tanah Toraja Utara untuk kembali mencalonkan diri sebagai kepala daerah di wilayah itu. Kali ini Bassang akan mencalonkan diri sebagai bupati Kabupaten Toraja Utara.

Selama menjadi pejabat dilingkup Pemerintahan Kabupaten Mimika, tidak dipungkiri juga bahwa Bassang telah banyak berbuat dalam hal membantu pembangunan di Mimika. Bahkan didalamnya juga mendapatkan banyak pengalaman dengan mengalami masa suka maupun duka silih berganti, yang mana itu dijadikannya sebagai pengalaman.

Wabup Bassang saat ditemui awak media diruang kerjanya Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (11/2), menceritakan semasa jabatannya bersama Bupati Mimika Eltinus Omaleng banyak hal yang ia dapatkan maupun yang sudah dilakukan.

“Saya pastinya bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan, karena telah bersama dengan pak bupati walaupun dalam perjalanan kami berdua ada suka dan duka. Tapi itulah perjalan hidup dan dinamika hidup,” ujarnya.

Suka dan duka yang dialaminya, kata Wabup Bassang, banyak mengambil hikmah dan belajar dari semuanya, dimana menjadi seorang pemimpin harus banyak bersabar. Ada hal yang menjadi kepuasan tersendiri begitu pula sebaliknya, dan ia banyak belajar dari hal-hal tersebut dengan cara mengamati sehingga dapat dijadikan sebagai referensi dalam menjalankan tugas pengabdian kepada Negara dengan melayani masyarakat.

“Suka atau tidak suka bahwa kami (Bersama Bupati Omaleng) pernah bersama mendeklarasikan diri untuk maju bersama-sama, dan pada 6 September (2019) kami akan mengakhiri perjalanan kami, dan beliau akan melanjutkan tugasnya bersama pasangan barunya untuk memimpin Kabupaten Mimika,” tuturnya seraya mendoakan agar pasangan bupati dan wakil bupati terpilih periode selanjutnya selalu diberikan kesehatan untuk dapat melaksanakan tugas memajukan Kabupaten Mimika selama lima tahun ke depan.

Tidak dipungkiri juga bahwa semasa jabatannya sudah banyak kesuksesan yang telah raih bersama Bupati Omaleng, salah satunya Jalan Cenderawasih yang sebelumnya hanya satu jalur dan kini telah menjadi dua jalur. Bahkan pula banyak jalan maupun gang yang telah dibangun dan diperbaiki, juga beberapa puskesmas yang sudah menjadi bangunan dengan dua lantai, walau pun belum semuanya tetapi kini pelayanan puskesmas sudah mulai terlihat semakin baik.

“Kita ada keterbatasan sana sini, dan saya pikir siapapun itu pastinya ada saja kekurangan yang menjadi keterbatasannya. Sehingga, saya berharap kekurangan yang belum terselesaikan itu, pak bupati dan wakilnya yang baru dapat menyelesaikannya,” harapnya.

“Saya kira, dalam pembangunan pasti saja ada yang terlaksana dan ada yang tidak terlaksana atau terselesaikan. Soeharto saja yang memerintah dengan masa pemerintahan mencapai 32 tahun enggak selesai, apalagi hanya berapa tahun,” sambungnya.

Setelah masa jabatan berakhir nanti, Wabup Bassang mengungkapkan bahwa berencana akan kembali ke kampung halamannya di Toraja Utara untuk mencalonkan diri menjadi kepala daerah di wilayah itu. Hal tersebut diakui karena adanya panggilan untuk kembali ke daerah asalnya untuk membangun.

Dengan begitu, Bassang meminta agar masyarakat Mimika dapat memberikan dukungan pada kepadanya untuk kembali ke kampung halaman menjadi kepala daerah. Karena ia memiliki keyakinan bahwa akan menjadi seorang pemimpin untuk membangun daerahnya sendiri.

"Saya  yakin kok. Kalau saya tidak yakin kenapa saya ingin maju? Iya toh…," ujarnya.

Bassang bahkan mengakui kalau selama ini telah melakukan pendekatan dengan masyarakat di kampungnya, sehingga ia betul-betul memiliki niat ingin membangun daerahnya itu. Ia juga berjanji jika dipercayakan oleh masyarakat tanah Toraja Utara untuk menjadi kepala daerah, maka yang akan dibenahi adalah tata pemerintahan yang ada, dan siap membangun daerah juga masyarakat tanah Toraja Utara.

"Apa yang saya pelajari disini (Mimika) pastinya akan saya bangun disana,” ujar Bassang. (Jefri Manehat/Saldi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment