Ketua Lemasa Sosialisasikan SK Bupati Dan Serahkan SK Pengurus Wilayah Adat

Bagikan Bagikan
Ketua Lemasa saat memberikan sosiasliasi kepada masyarakat adat lemasa (Foto- Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA)   Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa) melakukan pertemuan dalam rangka menyosialisasi Surat Kepusan (SK) Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,  SK Bupati nomor 270 tahun 2017 tanggal 3 Agustus 2017 tentang peresmian Lemasa.

Ketua Lemasa, Nerius Katagame mengatakan sosialisasi ini sangat penting dilakukan agar masyarakat Mimika dan stakeholders di daerah ini mengetahui Lemasa sudah mendapat pengakuan dari pemerintah.

“Sosialisasi ini disampaikan kepada masyarakat adat dari 11 wilayah adat. Masing-masing wilayah ada diwakili 2 orang,” kata Nerius saat ditemui usai memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Kanrtor Lemasa, Jalan Cendrawasih, Kamis (21/2).

Nerius menjelaskan,  dalam pertemuan tersebut juga sekaligus dilakukan penyerahan SK kepada masyarakat yang menjadi pengurus dari setiap wilayah adat, agar masyarakat dapat mengetahui  dan melanjutkan kepada masyarakat adat lainnya.

“Dan juga agar masyarakat adat yang ada  tidak terpengaruh dengan orang-orang yang punya kepentigan lain yang akan membuat masyarakat menjadi hancur,” katanya.

Nerius mengatakan dengan adanya SK peresmian dari Bupati Mimika, maka sudah tidak ada lagi dualism dalam Lemasa. Lemasa hanya ada satu.

Pemkab Akui Nerius Katagame

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mimika, Petrus Lewa Koten mengakui Nerius Katagame sebagai Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa).

Petrus mengatakan, pengesahan Narius Katagame sebagai Ketua Lemasa diperkuat dengan Surat Keputusan Bupati Mimika, ELtinus Omaleng, SE., MH melalui Bagian Hukum Kesekretariatan Daerah (Setda) Mimika dengan nomor 270 tahun 2017.

“Persoalan kepengurusan Lemasa dari sisi pemerintahan jelas telah ada SK yang diterbitkan Pemkab Mimika melalui  Bagian Hukum Setda Mimika dengan nomor 270 tahun 2017  yang memutuskan dan menetapkan Nerius Katagame sebagai Ketua Lemasa,” kata Petrus usai mengikuti sosialisasi terkait SK Bupati tentang peresmian Lemasa Kabupaten Mimik di Kantor Lemasa, Jalan Cendrawasih, Kamis (21/2).

Petrus menjelaskan, Kesbangpol juga  mendapatkan tembusan SK  dari Bagian Hukum terkait penetapan dan putusan kepemimpinan Lemasa. Dengan demikian, jika SK Bupati telah menentukan demikian, semua akan mendukung. Selanjutnya, SK tersebut menjadi suatu kemudahan bagi Pemkab untuk melakukan koordinasi bersama Lemasa. Dalam artian, alamat kantor dan struktur organisasi Lemasa menjadi jelas.

“Berarti kita tidak lagi bingung ketua Lemasa itu siapa dan kantor yang benar itu di mana. Kejelasan struktur berdasarkan SK ini tidak lagi menyulitkan Pemkab Mimika. Dan yang diakui pemerintah sebagai ketua Lemasa itu ialah Narius Katageme,” jelasnya. (Jefri Manehat/Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment