Narkoba Jenis Sabu Senilai Rp100 Juta Dimusnahkan

Bagikan Bagikan
 Pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu. (Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Polres Mimika bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika memusnahkan barang bukti berupa narkoba dengan jenis sabu yang nilainya mencapai Rp100 juta.

Menurut Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, pemusnahan narkoba jenis sabu tersebut merupakan barang bukti dari pengungkapan kasus kepemilikan sabu dengan tersangka berinisial IW. Yang bersangkutan dibekuk oleh petugas Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Mimika, pada Jumat, 18 Januari 2019.

Pengembangan dari IW, terdapat dua orang lainnya masing-masing berinisial NO dan IR yang kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Mimika. Dari kedua DPO, salah satu diketahui berdomisili di Makassar, Sulawesi Selatan. Sedangkan satunya lagi diketahui suka berpindah-pindah, dan terakhir termonitor oleh petugas kemungkinan besar berada di Kabupaten Asmat.

Tersangka dalam kasus ini, kata Kapolres, dijerat dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Perkara ini kita kenakan sanksi dalam pasal 112 ayat 1 dan ayat 2, juga pasal 115 ayat 1 dan ayat 2, dan pasal 127 ayat 1 dan ayat 2,” ungkap Kapolres saat memimpin pemusnahan barang bukti sabu di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Jalan Cenderawasih, Jumat (22/2).

Yang mana, tersangka tidak hanya menguasai melainkan juga memperjualbelikan dan menyalahgunakan narkoba tersebut. "Untuk proses, sedang kita laksanakan dalam tahap penyidikan," ujarnya. 

Penguasaan barang bukti oleh penyidik dibagi menjadi tiga bagian dari total keseluruhan seberat 19,76 gram. Di mana, seberat 0,70 gram disisihkan untuk kepentingan uji laboratorium, 0,78 gram disisihkan untuk pembuktian disaat persidangan, dan 18,28 gram dimusnahkan.

Sebelum pemusnahan, Polres memberikan kesempatan kepada Kepala (BNNK) Mimika, Kompol Mursaling untuk melakukan pengecekan terhadap barang bukti sabu. Dikatakan Mursaling,  setelah pengujian narkotika tersebut positif jenis sabu golongan 1 Amphetamine.

Setelah melakukan pengecekan dan pengujian, Kapolres didampingi Kasatreskoba Polres Mimika, Iptu Laurentius Kordiali bersama Kepala BNNK Mimika langsung memusnahkan barang  bukti dengan cara dimasukkan ke dalam air panas lalu ditumpahkan ke tanah. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment