Pemkab Mimika Segera Berlakukan Car Free Day

Bagikan Bagikan
Sekretaris Kominfo Kabupaten Mimika, Dra. Luh Putu Marhaeni.(Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melaui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) segera memberlakukan Car Free Day (hari bebas kendaraan bermotor).

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo, melalui Sekretaris Kominfo Kabupaten Mimika, Dra. Luh Putu Marhaeni mengatakan pelaksanaan Car Free Day tersebut telah di atur dalam Peraturan Bupati  (Perbup) Mimika Nomor 43 tahun 2018.

“Perbup tersebut sudah ditetapkan oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng pada tanggal 28 Desember 2018,” ujar Marhaeni saat ditemui  wartawan di ruang kerjanya di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, SP3, Jumat (8/2).

Marhaeni  menjelaskan Perbup tersebut untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup dan mengurangi polusi udara yang diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor, guna memberikan ruang aktivitas masyarakat dalam melakukan kegiatan olahraga bersepada, jalan kaki sehat, dan kegiatan lainnya.

Car Free Day tersebut juga sebagai ajang sarana rekreasi, hiburan, bersenang- senang, olahraga bersepeda, lari dan jalan santai. Selain itu  juga akan diisi dengan kegiatan- kegiatan kesenian dan kuliner.

“Itu nanti juga akan diikuti oleh Pemda Mimika dan  seluruh lapisan masyarakat. Pastinya tempat itu hanya untuk bersantai, olahraga dan kuliner, kesenian dan kebudayaan. Tempat itu akan bebas dari rokok, bebas pinang, dan minuman keras (miras),” kata Marhaeni.
Peta lokasi Car Free Day 
Dikatakan, Car Free Day akan dilaksanakan pada setiap hari  Sabtu dimulai dari dari pukul 06:00 WIT – pukul 10:00 WIT,  karena hari-hari yang lain semua bekerja.

“Kalau hari Minggu pastinya tidak bisa karena hari minggu ada ibadah bagi umat Kristiani. Kalau di kota besar biasanya Car Free Day dilakukan pada hari minggu. Tapi disinikan mayoritasnya Kristen jadi sebagai toleransi kita lakukan pada hari Sabtu.  Pada hari Sabtu juga banyak warga  yang  tidak kerja,” ujarnya.

Ruas jalan yang akan menjadi pusat Car Free Day adalah Tugu Perdamaian Timika Indah dengan mengambil sebagian ruas Jalan Belibis, Jalan Budi Utomo, dan juga jalan menuju Graha Eme Neme Yauware (EMY).

Car Free Day  ini akan mendapat pengawasan dari Dinas Perhubungan (Dishub), Kesatuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan juga pihak Kepolisian. Akan disediakan rambu-rambu lalulintas  lengkap agar kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan tertib.

“Sebelum kegiatan itu berjalan kita akan berkoordinasi dengan Dishub, Satpol-PP dan pihak Kepolisian,” ujarnya.

Car Free Day ini  juga dalam rangka menyambut PON ke XX tahun 2020 mendatang. Kita berharap ini bisa diterima dan didukung oleh masyarakat Kabupaten Mimika. Saya pikir masyarakat pasti akan senang dengan kegiatan ini,”  katanya menambahkan. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment