Polres, Kodim dan Pemkab Mimika Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Bagikan Bagikan
Kapolres Mimika, Agung Marlianto (kiri) bersama perwira TNI Polri saat mengambil sampah.(Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) – Polres Mimika, Kodim 1710 dan Pemkab Mimika memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Kamis (21/2) dengan melaksanakan pembersihan di seputar lapangan  pasar lama, Jalan Bhayangkara dan Jalan Yos Sudarso.

Peringatan HPSN ini dilaksanakan dibawa tema “Mari Kita Jaga Lingkungan Alam, Laut Pantai, Sungai dan Gunung dari Sampah.”

Pembersihan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto bersama  sejumlah perwira TNI- Polri. Sementara dari Pemkab diikuti Kepala Distrik Mimika Baru (Miru). Turut mengambil bagian juga dari ibu- ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) TNI dan Polri.

Kapolres Agung mengatakan, tempat  pelaksanaan kegiatan pembersihan sengaja di pilih lokasi pasar lama, karena berada di jantung atau pusat Kota Timika.   


“Kita akan sama- sama bersama Pemkab Mimika dan Kodim, akan mencari solusi terhadap permasalahan tanah ini, karena ini adalah tempat terjadi transaksi jual beli atau pasar dan juga penamoungan sampah sementara,” tutur Kapolres.

Kapolres mengemukakan, Polres, Kodim dan Pemkab  akan melakukan berbagai kegiatan untuk menimbulkan inisiatif masyarakat agar menjaga lingkungan yang ada di Kabupaten Mimika, khususnya di wilayah Pasar Lama.
personel TNI bersama masyarakat dan juga elemen instansi saat melakukan pembersihan di lapangan timika indah (Foto- Jefri Manehat)
“Kegiatan membersihkan wilayah pasar lama ini untuk memberikan contoh awal yang baik kepada masyarakat dan juga sebagai ajakan terhadap masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, dengan membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan ini akan berkelanjutan dan  yakinlah Kabupaten Mimika akan meraih Piala Adipura dalam waktu dekat,”  kata Kapolres.

Kegiatan dalam rangka memperingati HPSN juga dilaksanakan Kodim 1710/Mimika bersama masyarakat di bundaran Timika Indah. Kegiatan dihadiri TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, pelajar dan  perwakilan dari pencak silat di Timika.

Danramil 7210-01/Kokonao, Kapten Rustam Pauwah mengatakan kegiatan tersebut selain untuk memperingati HPSN, juga sebagai ajakan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan tidak memmbuang sampah sembarangan, namun harus pada tempatnya.

Selain sebagai ajakan, Kapten Rustam menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk menjadikan Kabupaten Mimika bersih  dan masyarakat hidup sehat. Kegiatan yang diinisiatif oleh Kodim tersebut bertemakan, “Kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai.”

“Karena kebersihan merupakan pangkal kesehatan. Kebersihan adalah hal utama yang harus dijaga oleh kita sendiri dan dimulai dari lingkungan kita,” kata Kapten Rustam. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment