Wagub Papua Instruksikan Blacklist Pemenang Lelang, Terlambat Mengerjakan Proyek

Bagikan Bagikan
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal.(Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemprov setempat untuk mencoret atau melakukan "blacklist" pada pihak ketiga pemenang lelang (tender) yang sebelumnya terlambat mengerjakan proyek atau kegiatan dari pemerintah.

"Kepala OPD silakan `blacklist` agar pihak ketiga ini ke depannya tidak lagi menerima pekerjaan dari Papua, pasalnya, jika pengerjaannya terlambat maka capaian yang ingin diharapkan oleh pemerintah untuk pelayanan kepada masyarakat tidak dapat dimaksimalkan," katanya di Jayapura, Jumat.

Menurut Klemen, jika terjadi keterlambatan dari tahapan pelelangan perencanaan hingga pengerjaan kegiatan yang dimaksud maka OPD-OPD yang berkaitan dengan pelayanan publik krusial seperti kesehatan dan pendidikan akan terganggu juga.

"Untuk dinas yang pelayanan umumnya tetap berjalan seperti Dinas Kesehatan dan Pendidikan, harus secepatnya menyampaikan proyek apa saja yang akan dilelang," ujarnya.

Dia menjelaskan jika lelangnya cepat, maka kualitasnya pekerjaan bagus, tapi kalau terlambat lelang, maka hasilnya pun tidak berkualitas.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai mengatakan pihaknya mengeluhkan pemenang tender atau lelang perencanaan dari dinasnya yang lambat dalam mengerjakan kewajibannya.

"Keterlambatan dalam mengerjakan perencanaan dari program dan kegiatan Dinas Kesehatan ini menyebabkan kami juga harus terlambat menyampaikan kepada Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Papua apa saja proyek yang harus dilelang," katanya.

Dia menambahkan, ke depan diharapkan para pemenang tender ini dapat bekerja lebih cepat sehingga proyek-proyek yang harus dikerjakan dapat segera dilaksanakan dan tidak molor waktunya. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment