2019, Dana Otsus Mimika Berpedoman Pada Pagu Anggaran 2018

Bagikan Bagikan
Kepala BPKAD Mimika, Marten Malisa ( Foto- Jefri Manehat)

SAPA  (TIMIKA) – Meski telah ada rencana perubahan pagu anggaran dana otonomi khusus (Otsus) ke setiap kabupaten/kota se Provinsi Papua, akan tetapi hingga kini Badan Keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika belum menerima surat revisi. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa pagu anggaran dana otsus di Mimika tahun 2019 masih berpedoman pada pagu anggaran tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Marten Tappi Mallisa, yang mana menurut dia jika sudah ada surat revisi dari provinsi maka selanjutnya Pemkab Mimika hanya akan melakukan koordinasi untuk menyesuaikan seluruh kegiatan yang bersumber dari dana otsus.

“Kita belum terima surat review atau revisi perubahan pagu anggaran dana otsus dari provinsi. Berarti anggaran dana otsus tahun ini masih berpedoman pada anggaran tahun lalu sambil menunggu revisi yang dilakukan dari pemprov. Tapi sekarang belum ada keputusan gubernur untuk itu,” kata Marten saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, Senin (11/3).

Selain itu, Marten juga mengaku bahwa sampai saat ini belum ada satupun organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengajukan pencairan dana alokasi khusus (DAK). Padahal, menurut dia, pihaknya telah lama memberikan dorongan kepada setiap OPD agar melakukan pelelangan dan kontrak. Sebab, salah satu syarat untuk pencairan DAK, kontrak harus di input dalam satu sistim yang disebut omspan.

“Jadi kalau kontrak DAK belum jadi, berarti belum bisa dicairkan. Sekarang belum ada satupun OPD yang mulai kontrak DAK,” ungkapnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment