293 Penghuni Lapas Timika Dipastikan Ikut Pemilu

Bagikan Bagikan
Komisioner Divisi Program dan Data KPU Mimika, Luther Beanal. (Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) - Komisioner Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Mimika, Luther Beanal, mengaku bahwa 293 orang penghuni Lapas Kelas II B Timika akan mengikuti pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilres) pada pemilihan umum (Pemilu) yang diselenggarakan pada tanggal 17 April mendatang.

293 orang penghuni lapas tersebut, menurut dia, telah direkap dan memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) sebagai salah satu syarat utama pada pesta demokrasi di Kabupaten Mimika nantinya. Para narapidana (napi) ini masuk dalam data pemilih tambahan (DPTb) dan akan dibuatkan satu tempat pemungutan suara (TPS) khusus buat mereka.

“Saya sendiri juga ikut ke Lapas beberapa waktu lalu untuk rekapitulasi jumlah pemilih disana. Mereka berjumlah 293 orang, lengkap dengan KTP-e masing-masing dan telah terdaftar,” kata Luther saat ditemui dibilangan Jalan Cenderawasih, Jumat (16/3).

Ia menuturkan, meski sementara menjalankan masa tahanan, para napi juga berhak menyalurkan hak suaranya dalam memilih calon legislatif (Caleg) dan calon presiden-wakil presiden (Capres-Cawapres) berdasarkan hati nurani masing-masing. Dalam hal ini, masih mengikuti aturan yang berlaku dalam ketentuan menjadi pemilih dalam pemilu.

“Mereka juga meruapakan warga negara Indonesia dan berhak memilih wakilnya di DPRD, DPRP, DPR RI dan calon presiden. Jadi kalau memang mereka telah memiliki KTP-e berarti mereka diperbolehkan mendaftar dan memilih,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment