Bakesbangpol Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Bagikan Bagikan
Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab Mimika, Demianus Katiop membuka kegiatan sosialisasi pendidikan politik.(Foto-Jeremias Rahadat-Antara)

SAPA (TIMIKA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menggelar sosialisasi pendidikan politik kepada peserta pemilih pemula.

Ketua panitia penyelenggara, Olga Tarore di Timika, Jumat (15/3) mengatakan kegiatan sehari tersebut diikuti sebanyak 80 peserta dari sebanyak 14 SMA dan SMK di Timika.

Kegiatan yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi terkait pemilu 2019 tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman termasuk memberikan kesadaran terkait hak dan kewajiban pemilih pemula dalam pemilu 2019.

"Dengan kesadaran akan hak dan kewajibannya, kita mengharapkan agar para pemilu pemula ini bisa berpartisipasi dengan menggunakan hak pilih pada pemilu 2019 ini," ujarnya.

Kegiatan sosialisasi pendidikan politik pemilih pemula tersebut menghadirkan narasumber dari Kesbangpol Mimika, KPU Mimika dan Bawaslu Mimika.

Materi yang disajikan antara lain terkait pentingnya pemilih pemula dalam sistem demokrasi sebagai penentu masa depan bangsa Indonesia, strategi komisi pemilihan umum dalam upaya meningkatkan partisipasi politik bagi pemilih pemula dan pengawasan pemilu menuju pemenuhan hak politik rakyat.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab Mimika, Demianus Katiop mengapresiasi kegiatan tersebut sebab menurutnya kegiatan sosialisasi tersebut penting mengingat generasi muda sebagai pemegang tongkat penerus bangsa.

Ia berharap agar peserta melalui kegiatan tersebut memiliki pemahaman yang mendalam terkait pemilu sehingga dapat menggunakan haknya pada 17 April 2019 mendatang dengan memilih pemimpin yang berkualitas. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment