BNI Papua Bina Masyarakat Olah Sagu

Bagikan Bagikan
Ilustrasi-Sagu dalam proses pengolahan. (Foto-Istimewa)

SAPA (JAYAPURA) - BNI Perwakilan Provinsi Papua membina masyarakat khususnya para ibu-ibu untuk mengolah sagu menjadi mi, es krim, dan kue bronis. Pelatihan itu dilakukan di rumah kreatif bangsa (RKB) yang dimiliki bank tersebut.

"Kami juga sudah punya rumah kreatif bangsa (RKB) yang selama ini membantu masyarakat yang punya kreatifitas, itu kita bantu pasarkan melalui ekomers kita,"kata Wakil Pimpinan BNI Papua, Dwi Marjono di Jayapura, Selasa.

Selain di Jayapura, menurut dia, pihaknya juga mempunyai RKB di kabupaten lain diluar Jayapura seperti di Kabupaten Biak Numfor, dan Nabire, termasuk juga di Papua Barat.

"Ada enam RKB yang kita punya dan mudah-mudahan itu menjadi inkubator untuk pengusaha-pengusaha muda," katanya.

Dia mengatakan, RKB ini lebih pada membina warga khususnya ibu-ibu, mengajari mereka untuk mengolah sagu bisa menjadi mi, bisa menjadi es krim, bisa menjadi kue bronis, itu diajarkan kepada para mama-mama/ibu-ibu.

Dengan begitu, kata dia, para ibu-ibu ini bisa memiliki imajinasi untuk bisa berwirausaha dan berinovasi. Sebelum para ibu-ibu ini diajar untuk mengolah sagu, mereka mengikuti pelatihan terlebih dahulu.

"Di RKB, kami pajang etalasi hasil kreatifitas masyarakat Papua. Jadi ada noken, ada lukisan, ukiran dan tas disana, sebagai contoh saja. Jika ada pengusaha importir yang memesan maka kami akan koordinasi dengan para pengrajin-pengrajinnya," ujarnya.

Selain dipajang, katanya, pihaknya juga memasarkan lewat internet, sehingga pihak luar juga bisa melihat hasil kreatifitas masyarakat yang dijual.

Hanya saja, kata dia, memang ada sedikit masalah terkait jaringan internet tetapi akan dicoba untuk diatasi bersama, tidak boleh menyerah dengan kendala-kendala tersebut karena faktor jarak.

Seiring dengan pembangunan Indonesia, tentu akan menjadi semakin baik, kedepan semuanya bisa diatasi.

"Kita harapkan juga banyak pengusaha-pengusaha muda yang tumbuh kembang dari tanah Papua, karena Papua ini potensinya sangat luar biasa,"katanya.

Selain potensi Papua, tambah dia, wisatapun kalau sebenarnya yang mau digali itu banyak yang bisa menambah pendapatan bagi daerah. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment