Dinas Pemberdayaan Perempuan Laksanakan 10 Program Kegiatan

Bagikan Bagikan
Kepala DP3APPKB Kabupaten Mimika, Alice Irene Wanma. (Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) -  Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Mimika siap melaksanakan 10 program kegiatan dengan anggaran yang bersumber dari APBD, APBN,DAK dan Otsus tahun 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Mimika, Alice Irene Wanma mengatakan, 10 program tersebut diantaranya pembinaan keluarga berencana (KB) untuk pelaksanaan program kampung KB, Fasilitasi pengembangan pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempua  bersama P2TP2A, Penguatan kelembagaan kesetaraan persamaan gender, Peningkatan kapasitas jaringan kelembagaan pemberdayaan perempuan dan anak, Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Peran Serta dan Kesetaraan Grender, Penyuluhan bagi ibu rumah tangga dan Pembangunan keluarga sejahtera serta sosialisasi terkait kesehatan reproduksi.

Ia menjelaskan, khusus untuk pembinaan KB merupakan lanjutan dari tahun 2018. Dalam hal ini untuk menuntaskan pelaksanaannya di seluruh 18 Distrik, karena di tahun 2018 hanya empat distrik yang telah laksanakan yaitu di Kampung Mimika Gunung Distrik Kuala Kencana, Kampung Ninabua Distrik Mimika Baru, Kampung Poumako Distrik Mimika Timur dan Kampung  Mapurjaya  Distrik Wania. Untuk tahun ini, akan dilaksanakan di lima kampung di lima distrik.

“Tapi karena keterbatasan anggaran, kami tidak bisa melakukan secara keseluruhan. Intinya kami akan masuk ke kampung-kampung ini untuk mensosialisasi bagaimana caranya membentuk KB. Itu harus dilakukan untuk mensejahterakan masyarakat di kampung-kampung terutama untuk ke depannya agar mencapai keluarga yang bahagia dan sejahtera,” jelasnya saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, Selasa (5/3).

Diakuinya untuk pendidikan dan pelatihan peningkatan peran serta dan kesetaraan gender akan dilaksanakan di wilayah Pegunungan untuk memberikan pelatihan terkait merajut tas atau noken.

“Biasanya pelaksanaan pelatihan ini sekaligus dengan memberikan fasilitas seperti benang dan peralatan lainnya yang mereka butuhkan. Kegiatan ini semuanya dalam waktu dekat akan kami laksanakan,” ungkapnya.(Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment