DPRD Minta Bupati Ambil Kebijakan Bayar Hak- Hak Guru

Bagikan Bagikan
Ketua DPRD Mimika,Elminus Mom.(Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Elminus B Mom meminta Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengambil kebijakan untuk membayar hak-hak guru SMA dan SMK  berupa Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP), Uang Lauk Pauk (ULP) dan Dana insentif yang belum dibayar sejak Januari 2018 hingga saat ini.

Menurut Ketua DPRD Elminus, guru merupakan sosok yang penting dalam membangun sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Mimika, sehingga Pemkab Mimika perlu mengambil kebijakan untuk segera membayar hak- hak guru tersebut.

Elminus menjelaskan Bupati sebagai pimpinan tertinggi di Kabupaten Mimika memiliki kewenangan mengambil kebijakan untuk segera membayar hak- hak guru SMA/SMK, karena guru- guru  ini berada di Kabupaten Mimika dan Bupati wajib memperhatikan hak-hak mereka.

“Hak- hak mereka harus dibayarkan, karena jika tidak anak- anak tahun ini tidak mengikuti ujian, siapa yang akan tanggung jawab. Artinya Pemerintah secara langsung telah merugikan orang tua dan anak- anak sebagai generasi masa depan,” ungkapnya saat ditemui di Ruang Kerjanya di Kantor DPRD Mimika, Jalan Cendrawasih, Senin (4/3).

Dikatakan, jika permasalahannya tidak ada anggaran untuk membayar hak- hak para guru, maka bisa Bupati bisa duduk bersama DPRD untuk mencari solusi. Mungkin dengan melakukan pinjaman.

“Semua peraturan dibuat oleh manusia dan pastinya akan ada solusi terhadap semua itu. Kita yang mengatur dan kita yang mencari solusis, ibaratnya mobil bergerak karena manusia yang mengemudi, motor juga begitu dan program berjalan karena manusia yang mengatur,” tuturnya.

Elminus menuturkan, jika ada kekurangan, Pemkab Mimika bisa melaporkan ke DPRD Mimika untuk mencari solusi, tentunya DPRD selalu siap untuk membantu.

“Intinya Bupati punya kebijakan, kami dari DPRD siap untuk membantu mencari solusi terhadap anggaran untuk segera hak- hak guru terpenuhi, karena hal ini untuk kemanusian, masyarakat dan juga generasi muda  Kabupaten Mimika," tuturnya. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment