DPRD Minta Pemkab Mimika Segera Bangun Pabrik Sampah

Bagikan Bagikan
Ketua DPRD Mimika, Elminus Mom.(Foto-Jefri Manehat) 

SAPA (TIMIKA) - Ketua DPRD Mimika, Elminus Mom  meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) segera membangun pabrik sampah.

 “Kabupaten Mimika harus punya satu pabrik sampah untuk dapat mengolah sampah yang sangat banyak di daerah ini. Sampah- sampah yang ada tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa ada pabrik yang dapat nengolah atau mendaur ulang,” kata Elminus, Senin (4/3)

 Ketika ditemui di ruang kerjanya, di Kantor DPRD Mimikam Jalan Cendrawasih, SP2, Elminus menuturkan pengadaan pabrik sampah ini telah disosialiasikan di Jakarta, namun tidak terlaksana karena  dana yang dimiliki tidak mencukupi.

Dijelaskannnya, hingga tahun 2014 sampai tahun 2017, APBD ditentukan melalui Peraturan Bupati (Perbup), sehingga pembangun fisik banyak yang tidak berjalan. Bahkan keuangan daerah ini mengalami defisit hingga tahun 2018  baru dapat ditutup.

Elminus mengatakan akan mendorong adanya pabrik sampah tersebut dengan dana DAW. Di mana DAW tahun 2019 yang dianggarkan pada tahun 2020 mendatang akan didorong untuk pembangunan pabrik sampah.

“Kita akan dorong itu, karena pabrik sampah ini sangat penting dan banyak manfaatnya, bisa untuk pupuk dan lainnya, kalau sampah- sampah ini dibiarkan terus- menerus dan tanpa ada pabriknya dan dibiarkan begitu saja maka limbahnya akan berdampak pada masyarakat ” ungkapnya.

Ia juga meminta kepada DLH Kabupaten Mimika untuk segera menyiapkan lahan untuk dibangun pabrik sampah tersebut, Dan melakukan perincian dan mengajukan ke DPRD untuk dibahas. Keberadaan pabrik sampah akan menghasilkan pemasukan bagi daerah.

“Kami dari DPRD akan dorong juga untuk anggarannya dan kami siap untuk dorong itu. S saya selaku ketua DRPD akan koordinasi dengan para anggota DPRD untuk bahas hal ini dan akan dilakukan koordinasi lanjut ke Pemkab Mimika,’’ ujarnya. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment