Gelar Razia, Polisi Berhasil Amankan 50 Motor dan Tiga Senjata Tajam

Bagikan Bagikan
Polres Mimika melakukan Razia sajam di Jln Ahmad Yani.(Foto-Fefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Maraknya kasus pembunuhan belakangan ini  di Kabupaten Mimika dengan cara melakukan penikaman menggukan senjata tajam (sajam) membuat Kepolisian Resor (Polres) Mimika giat melakukan razia terhadap sajam pada Senin (4/3) di dua lokasi yang berbeda.

Razia dilakukan di perempatan Bandara Moses Kilangin dan pertigaan Jalan Ahmad Yani- Pasar Lama Timika.Dalam razia ini Kepolisian berhasil mengamankan 50 unit motor dan 3 buah sajam. Rasia dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara Polres Mimika, Iptu Matheus T. Atte.

Matheus saat ditemui di Polres Mimika, Jalan Cendrawasih, Senin (4/3) menuturkan, tujuan razia tersebut untuk mengantisipasi kegiatan masyarakat Kabupaten Mimika yang begitu padat, yang mana berdampak pada penikaman beberapa hari yang lalu.

Selain itu untuk menjaga keamanan Kabupaten Mimika tetap kondusif, dalam menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) terhadap Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) pada 17 April mendatang.

Dijelaskan, razia tersebut tidak hanya untuk sajam,  tapi juga untuk penertiban bagi pengendara yang tidak tertib berlalu lintas, dalam hal ini kelengkapan kendaraan dan surat- surat kendaraan.

Matheus menyebut razia yang di pertigaan jalan Ahmad Yani- Pasar Lama tidak ditemukan pengendara yang membawa sajam.  Hanya sejumlah kendaraan berhasil diamankan  dan langsung dibawa ke Satlantas Polres Mimika untuk dilakukan proses lanjutan.

 Sementara razia yang dilakukan di Bandara Moses Kilangin, Kepolisian berhasil mengamankan 14 unit kendaraan roda dua (motor) dan tiga buah sajam. Terhadap pelaku yang berhasil diamankan saat membawa sajam, langsung dibawa ke Polsek Mimika Baru (Miru) untuk dilakukan proses hukum.

Matheus mengatakan, ada satu unit motor yang diduga merupakan kendaraan hasil curian karena saat diamankan tidak  memiliki surat- surat  dan tempat kuncinya sudah dibongkar dan menggunakan sambungan kabel untuk menghidupakan kendaraan motor tersebut.

“Ini yang patut kita curigai dan sekarang pelaku sudah kita bawa ke Reskrim Polres Mimika untuk pemeriksaaan lanjutan,” ujarnya.

Dikatakan, razia ini akan kita lakukan selama satu bulan ke depan, untuk mengingatkan kembali masyarakat Kabupaten Mimika, bahwa masyarakat dilarang membawa sajam sembarangan dan harus memiliki kelengkapan kendaraan dan surat- suratnya.

“Dalam sebulan kita akan dilakukan razia setiap hari, dengan tempat yang berbeda- beda sesuai dengan pengamatan Intelejen Polres Mimika, yang mana tempat tersebut dianggap rawan atau mengganggu Kamtibmas masyarakat dan patut untuk dilakukan pengamanan,” katanya. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment