Hari Ini Bupati Mimika Serahkan Bantuan ke Korban Banjir Sentani

Bagikan Bagikan
Bantuan-bantuan yang dikumpulkan oleh Pemkab Mimika untuk disalurkan ke Sentani.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) –  Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE, MH akan menyerahkan secara langsung bantuan Pemkab Mimika berupa dana tunai Rp 650 juta dan 10 ton bantuan non tunai untuk membantu korban bencana banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura yang terjadi pada 16 Maret lalu.

“Besok (hari ini-red) bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. Itu jumlah bantuan kita yang terkumpul selama tiga hari,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan Kesekretariatan Daerah (Setda) Mimika, Damianus Katiop saat ditemui di Posko Utama Peduli Bencana Sentani, Kantor Damkar, Jalan Yos Sudarso, Kamis (21/3).

Damianus menjelaskan, sejak dimulainya pengumpulan bantuan, Bupati telah memerintahkan agar setiap organisasi perangkat daerah (OPD), Badan dan Kantor wajib mengumpulkan bantuan tunai senilai 5 hingga 10 juta.

“Hingga hari terakhir dari 26 OPD telah terkumpul uang tunai Rp 150 juta. Kemudian ditambah dengan yang disumbangkan Bupati sebesar Rp 500 juta yang bersumber dari APBD, jadi totalnya menjadi Rp 650 juta dari yang ditargetkan sebesar Rp 750 juta,” kata Damianus.

Sedangkan 10 ton bantuan non tunai berupa bahan makanan, pakaian layak pakai, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan bayi dan anak-anak, perlengkapan tidur dan mandi. Bantuan ini dikumpulkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dipusatkan di Kantor Damkar Mimika.

Menurut Damianus, sebagian bantuan non tunai juga dikumpulkan dari masyarakat perorangan dan Ormas. Demikian juga bantuan berupa uang sebesar Rp 20 juta dari masyarakat perorangan dan Ormas.

“Kami juga berterimakasih kepada masyarakat dan Ormas yang telah ikut berpartisipasi menyumbangkan bantuan bagi masyarakat Sentani yang dilanda musibah,” tuturnya.

Damianus mengatakan untuk bantuan nontunai yang telah terkumpul di Kantor Damkar akan diangkut dan dikumpulkan di Posko Pangkalan Udara (Lanud) Mimika agar selanjutnya diangkut menggunakan Hercules ke Sentani.

“Penerbangan mengangkut bantuan harus diberangkatkan jam 8 WIT. Di Jayapura akan diserahkan langsung kepada pemerintah di sana,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment