Jajaran Kostrad di Mimika Menggelar Kegiatan Kemanusian

Bagikan Bagikan
Kegiatan donor darah dalam rangka HUT Kostrad ke 58 di Mako Brigif 20 IJK. (Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) ke-58, jajaran Kostrad dibawah naungan Divisi Infanteri (Divif) 3 yakni Brigif 20/IJK dan Yonif 754/ENK yang bekerjasama Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah. Kegiatan ini dilakukan di Aula Brigif 20/IJK, jalan Poros Mapurujaya, Selasa (5/3).

Komandan Brigif (Danbrigif) 20/IJK, Kolonel Inf Charles Binsar Parulian Sagala menjelaskan, Brigif 20/IJK merupakan bagian dari Kostrad. Oleh karena itu dalam rangka HUT Kostrad ke 58, jajaran Kostrad yang ada di Kabupaten Mimika secara bersama-sama melaksanakan berbagai kegiatan. Selain kegiatan donor darah, terdapat beberapa rangkaian kegiatan lainnya seperti bakti sosial dan karya bhakti.

Danbrigif menyebut, dari rangkaian kegiatan yang telah dilakukan, beberapa diantaranya telah dilakukan sejak seminggu yang lalu. Di mana, kegiatan sosial atau kemanusiaan yang dilakukan bertujuan agar TNI bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat.

“Jadi tahun ini kita hanya lakukan kegiatan bersifat sosial, yang mana dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat yang berada didekat satuan saja,” ujar Danbrigif saat diwawancara awak media disela kegiatan donor darah.

Selain melakukan kegiatan bersama masyarakat disekitar satuan, direncakan juga akan dilakukan kegiatan bersama masyarakat lainnya yang ada di wilayah pesisir. Karena kegiatan juga bertujuan untuk membina masyarakat.

“Yang mana sasarannya adalah pendekatan dengan masyarakat yang berada dekat pos, yang mana dianggap rawan seperti Aroanop, Tsinga dimana kegiatan pendekatan melaui komunikasi sosial,” katanya.

Kegiatan yang sama, kata Danbrigif Sagala, juga dilakukan oleh jajaran Kostrad lainnya di Merauke, yakni Yonif 755/Yalet yang merupakan satuan organik dibawah Brigif 20/IJK.
“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini jajaran kita lebih dekat dengan masyarakat, dapat mengayomi masyarakat, dan masyarakat lebih khusus masyarakat Papua dapat merasakan kehadiran Kostrad ditengah-tengah mereka,” ujar Kolonel Sagala.

Pasalnya, dijelaskan juga bahwa, selama ini Kostrad hanya berada di daerah Jawa dan Sulawesi. Namun kini, Kostrad telah hadir di Papua. Harapannya Kostrad dapat menjadi satuan kebanggan bagi masyarakat Papua. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment