Jumlah TPS Di Mimika Bertambah

Bagikan Bagikan
Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan pihaknya meminta tambahan personil 1 SSK Polda Papua untuk membantu pengamanan 911 tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2019 yang tersebar di 18 Distrik Kabupaten Mimika.

“100 Personil ini bukan untuk penguatan pasukan. Tapi lebih kepada pengamanan pada setiap TPS. Sementara untuk TNI-Polri, yang kita siagakan saat ini 610 personil. Karena jumlah TPS saat ini bertambah jadi 911,” ujarnya ketika ditemui wartawan di kantor KPU Mimika, Senin (18/3).

Dengan bertambahnya jumlah tersebut, kata Kapolres, pihaknya melakukan pemetaan kerawanan-kerawanan pelaksanaan pesta demokrasi pada 17 April mendatang berdasarkan letak geografis dan demografisnya. Berdasarkan pengalaman Pilkada 2018 lalu, satu personil mengamankan 2-3 TPS.

“Dengan penambahan jumlah TPS ini, maka kami harus petakan kerawanannya berdasarkan karakteristik daerahnya. Pemetaan kerawanan ini, kami bagi jadi dua, yakni rawan dan sangat rawan,” ujarnya.

 “Seperti wilayah Tembagapura kita kategorikan sangat rawan. Ini karena, masih adanya gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB). Untuk daerah yang lainnya kita kelompokkan sebagai rawan, seperti Alama, Jila, Jita, Mimika Barat Jau, dan beberapa wilayah pesisir pantai lainnya,” jelasnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment