Kapolres : Siapapun Yang Berusaha Gagalkan Pemilu Akan Berhadapan Dengan TNI-Polri

Bagikan Bagikan
Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto. (Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlinto secara tegas mengatakan, pada pelaksanaan pemilu nanti, TNI-Polri harus betul-betul menjadi wasit yang netral dan memberikan support kepada penyelenggara pemilu. Sehingga siapapun yang berusaha menggagalkan jalannya pemilu, akan berhadapan dengan TNI-Polri.

“Pemilu 2019 adalah agenda demokrasi pertama kali sejak berdirinya Republik ini. Agenda demokrasi yang perlu sama-sama kita kawal. Kita Negara demokrasi nomor dua paling besar di dunia yang mengadakan pemilihan langsung. Ini suatu moment yang baik, suatu kebanggaan dan ini kesempatan untuk kita membuktikan bahwa tidak hanya memilih pimpinan pemerintah, tapi ini kesempatan untuk kita tunjukan ke dunia internasional bahwa Indonesia tidak seperti yang diberitakan oleh media-media, masalah isu yang berkembang di Papua,”kata Kapolres dalam kegiatan Sosialisasi Tindak Pidana Pemilu di Hotel Horison, Senin (11/3).

Dikatakan, kritik yang disampaikan masyarakat menjadi catatan yang baik untuk penyelenggara Pemilu. Penyelenggara Pemilu jangan alergi terhadap kritik, karena kritik itu memberikan kepada kedewasaan dan introspeksi. Tujuannya itu memperbaiki dari waktu ke waktu.

Dijelaskan, ada 5 komponen yang sukseskan pemilu ini, diantaranya pertama penyelenggara (KPU, Bawaslu dan Sentra Gakundu), kedua peserta pemilu (caleg, pimpinan partai, dan simpatisan atau timsus), ketiga adalah TNI-Polri.

“Siapupun yang berusaha untuk menggagalkan jalannya pemilu, maka pasti akan berhadapan dengan TNI-Polri. Mari sama-sama kita tunjukan bahwa ini adalah tanggung jawab kita bersama. Kita harus menyerang, apalagi isu money politik, hoaks. Bawaslu tidak saja menerima laporan tapi aktif membuat laporan. Mari kita hormati apapun keputusan, siapapun yang menjadi pemenang pemilu kita hormati. Kalaupun belum diberikan kesempatan memang jalan Tuhan. Tapi tidak menggunakan gerakan massa yang berujung anarkis baik itu sengaja maupun tidak disengaja,”tambah Kapolres. (Etty Welerubun)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment