Kesbangpol Siapkan Dana Pembinaan Bagi Parpol Rp 1 Miliar

Bagikan Bagikan
Kepala Kesbangpol Mimika, Petrus Lewa Koten.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Petrus Lewa Koten mengatakan telah menyiapkan dana pembinaan partai politik (Parpol) untuk 10 partai yang ada di DPRD dengan total Rp 1 miliar.
                                                                                                             
Menurut Petrus, pencairan dana pembinaan tersebut  baru bisa dilakukan jika setiap Parpol telah mempertanggungjawabkan dana yang telah disalurkan pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014-2019 lalu. Karena itu jika Bagian Keuangan Setda Mimika melaporkan Parpol belum mempertanggungjawbkannya, dana pembinaan periode 2019-2024 tidak akan dicairkan.

“Penyaluran dana parpol ini masih disesuaikan dengan kursi-kursi Pemilu tahun 2014-2019. Juga akan koordinasi  terkait masa dinas dari DPRD sekarang agar menghindari adanya kesalahan jika harus menyalurkan dana bantuan ke Parpol,” kata Petrus di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, Rabu (13/3).

Dijelaskan, Kesbangpol juga akan melakukan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sebab BPK telah menentukan pencairan dana pembinaan wajib dilakukan jika telah ada pertanggungjawaban dari setiap parpol karena pencairan dana pembinaan itu diatur dalam undang-undang bukan peraturan pemerintah.

“Kami tidak bisa cairkan dana itu tanpa mengikuti aturannya. BPK sudah tegas ke kami supaya terus mengejar pertanggungjawaban dana pembinaan yang tahun sebelumnya. Kalau memang parpolnya kesulitan membuat laporan, nanti kita membantu,” jelasnya. (Acik
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment