KPK Akan Membantu Polisi Ciptakan Mimika Aman Dan Damai

Bagikan Bagikan
Ketua KPK Timika, Yoseph Temorubun (foto- Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Ketua Komunitas Pemuda Kei (KPK) Yoseph Temorubun mengatakan KPK adalah organisasi pemuda yang cinta kedamaian. Karena itu KPK akan membantu pihak kepolisian untuk menciptakan Mimika yang aman dan damai.

Menurut Yoseph, KPK  memiliki komitmen tidak ada toleransi terhadap setiap tindakan kejahatan, termasuk yang melibatkan pemuda Kei. Siapa pun pelakunya harus ditangkap dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Karena itu KPK akan bekerja sama dan selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk membantu mengungkapkan pelaku kejahatan, jika ada kejadian yang  melibatkan anak- anak kami. Tapi sebaliknya jika anak- anak kami yang menjadi korban, kami minta kepolisian untuk bertindak adil, siapapun itu pelakunya,  harus diproses sehingga penegakan hukum adil berlaku untuk semua orang,” kata Yoseph ditemui di Sekretariat KPK di Jalan Yos Sudarso, Jumat (8/3).

Yoseph mengemukakan, ada beberapa kasus yang menjadi catatan KPK, yang menjadi korban adalah anak-anak muda Kei dan siapa pelakunya sampai saat masih misterius.

“Kami tidak akan melindungi kejahatan bagi siapapun itu, namun ketika kami menjadi korban kami juga minta keadilan dimana sesuai dengan ketentuan UUD 1945 pasal 27 bahwa setiap orang punya kedudukan yang sama didepan hukum,” tuturnya.

Yoseph menjelaskan dibentuknya organisasi KPK bertujuan kembali mengharumkan nama baik masyarakat Maluku Tenggara, khususnya Kei di Kabupaten Mimika. Karena ada sejumlah kasus yang  melibatkan para pemuda Kei. Namun hal itu merupakan tindakan pribadi atau personal, bukan atas nama suku Kei.

Yoseph mengimbau kepada masyarakat Mimika jika ada suatu kejadian, hendaknya tidak  langsung melibatkan dan menyebut nama suku tertentu. Kabupaten Mimika ini didiami berbagai macam kultur dan suku, sehingga harus menjaga hubungan baik antarsuku.

“Dengan adanya KPK ini, kami sebagai pengurus KPK akan memberikan pemahaman yang baik kepada anak-anak kami, agar mereka bisa dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan sosial dan kegiatan positif lainnya. Agar mereka juga memiliki tanggung jawab membangun daerah ini. Dengan harapan tidak ada tindak kriminal yang terjadi,” ujar Yoseph.  (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment