KPU Mimika Sambut Positif Rencana Deklarasi Pemilu Damai

Bagikan Bagikan
Komisioner KPU Mimika Divisi Sosialisasi dan SDM, Fidelis Piligame.(Foto-Evarianus Supar-Antara)

SAPA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menyambut positif digelarnya deklarasi Komitmen Pemilu Damai yang digagas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat dalam waktu dekat di Timika.

Komisioner KPU Mimika Divisi Sosialisasi dan SDM, Fidelis Piligame di Timika, Jumat (8/3), mengatakan deklarasi komitmen Pemilu Damai pada 12-13 Maret mendatang bertempat di Gedung Eme Neme Yauware.

Rencananya, kegiatan itu akan dihadiri seluruh pemuka agama dari lima agama di Kabupaten Mimika.

"Tentu kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil FKUB Mimika sebab peran pemuka agama sangat penting demi terciptanya Pemilu damai di Mimika," katanya.

Melalui para tokoh agama inilah kata dia, pesan-pesan Pemilu damai itu bisa diteruskan ke masyarakat akar rumput agar masyarakat tahu hak politiknya dan dengan demikian sadar untuk menyalurkan hak pilihnya secara tepat.

Fidelis mengatakan KPU Mimika telah merekrut sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi (Relasi) untuk terus mengampanyekan dan mengajak masyarakat dari berbagai komunitas dan basis agar menggunakan hak pilih pada Pemilu mendatang.

Melalui kampanye, ajakan dan sosialisasi itu, diharapkan masyarakat sadar dan tidak malas tahu alias apatis dengan hak politiknya sebagai warga negara.

"Jangan sampai kita sendiri malas tahu lalu orang lain melakukan sabotase hak demokrasi kita. Itu tidak boleh. Mari gunakan hak pilih kita secara baik, jangan masa bodoh. Golput itu bukan solusi," kata Fidelis.

Ia mengatakan melalui penyelenggaraan Pemilu Serentak yang lima tahun sekali itu, masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk memilih wakil-wakil mereka yang akan duduk di lembaga legislatif mulai dari pusat sampai di daerah.

Melalui para wakil rakyat itulah kata dia, nanti aspirasi dan kebutuhan masyarakat di berbagai pelosok akan disuarakan.

"Kami terus membangun dan menggugah kesadaran masyarakat Mimika bahwa Pemilu yang digelar setiap lima tahun sekali itu sangat penting untuk kelangsungan kehidupan demokrasi baik pada tatanan nasional, provinsi maupun kabupaten," jelas Fidelis.

KPU Mimika kini tengah bersiap menyambut penyelenggaraan kampanye terbuka atau rapat umum yang akan digelar dalam waktu dekat.

Menurut Fidelis, KPU Mimika telah membagi enam daerah pemilihan (Dapil) dimana nantinya setiap parpol akan bergiliran menggelar kampanye terbuka di semua Dapil sesuai dengan jadwal yang akan ditetapkan.

Sesuai data KPU Mimika, jumlah TPS pada Pemilu 17 April 2019 ditetapkan sebanyak 911 TPS, dengan jumlah pemilih sementara yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap/DPT sebanyak 231.265.

KPU Mimika mencatat sebanyak 457 orang caleg yang tersebar pada enam daerah pemilihan (dapil) akan bersaing ketat memperebutkan jatah 35 kursi DPRD Mimika periode 2019-2024.

Alokasi kursi DPRD Mimika per dapil yaitu Dapil I enam kursi, Dapil II sebanyak 11 kursi, Dapil III enam kursi, Dapil IV tiga kursi, Dapil V enam kursi dan Dapil VI tiga kursi. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment