Padang Tuan Rumah Festival Florikultura 2019

Bagikan Bagikan
Asisten Deputi Bidang Perkebunan dan Hortikultura Kementerian Perekonomian, Wilistra Danny (tengah).(Foto-Antara)

SAPA (PADANG) - Kota Padang, Sumatera Barat ditetapkan sebagai tuan rumah Festival Florikultura atau festival tanaman hias yang akan dihelat pada September 2019 .

"Dengan momen ini, Kota Padang ditargetkan bakal menjadi Tomohon kedua di Indonesia dan festival ini merupakan rangkaian dari kegiatan Penas Tani di Kota Padang," kata Asisten Deputi Bidang Perkebunan dan Hortikultura Kementerian Perekonomian, Wilistra Danny di Padang, Senin (11/3).

Ia menyampaikan festival ini adalah yang kedua kali di Indonesia dan sebelumnya kegiatan yang sama digelar di Bogor.

"Festival ini bertujuan mendorong kebangkitan industri florikultura di Indonesia," ujar dia.

Ia menyampaikan dengan festival ini akan terjalin konsolidasi dengan para pihak terkait florikultura sehingga nantinya juga akan terjalin kerja sama lintas kawasan agribisnis Hortikultura.

Dalam even itu nanti katanya, akan ada pameran bunga dari seluruh daerah di Indonesia.

"Kesempatan ini juga bakal mendorong kota Padang sebagai kota yang indah dan penuh dengan taman bunga," ujarnya.

Selain itu, dengan momen ini diharapkan akan banyak masyarakat yang ikut ambil bagian dalam bisnis tanaman hias yang jika dikelola dengan baik memiliki nilai ekonomi yang luar biasa.

Saat ini menurutnya di Indonesia ada 22 kabupaten dan kota yang telah menggarap tanaman hias sebagai komoditas unggulan dan kota Padang salah satu diantaranya.

"Padang punya potensi besar dalam sektor pengembangan tanaman hias ini. Dan festival ini akan semakin membuka peluang untuk itu," ujarnya lagi.

Sementara itu, peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Budi Marwoto mengatakan even ini akan menjadi cerminan kemajuan perkembangan florikultura indonesia.

Dalam perhelatan ini kita akan menentukan strategi untuk pengembangan tanaman hias ke depan, katanya.

Ia menyebutkan selain pameran bunga ini, ada sejumlah kegiatan pendukung lainnya. Seperti seminar, bursa pertanian dan kuliner, demo budidaya florikultura. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment