Panwaslu Distrik Wania Lakukan Tes Wawancara PTPS Pemilu 2019

Bagikan Bagikan
Proses tes wawancara seleksi calon PTPS Distrik Wania. (Foto-Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Distrik Wania melakukan tes wawancara untuk seleksi calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 17 April mendatang.

Ketua Panwaslu Wania, Jaconis, mengatakan tes wawancara tersebut sudah dilakukan sejak Selasa (5/3) hingga Kamis (7/3) di Sekretariat Panwaslu Wania, Jalan Yos Sudarso.

"Seleksi dilakukan kepada para calon yang lolos seleksi berkas. Yakni ada dua gelombang. Gelombang pertama yang lulus berkas ada 162 orang dari 165 calon. Gelombang kedua ada lolos 24 orang, dan itu lulus semuanya," ujarnya kepada wartawan saat ditemui dibilangan Jalan Cenderawasih, Rabu (6/3).

Di mana, sebanyak 160 PTPS yang akan diterima di setiap kelurahan/desa di Distrik Wania.

"Masing-masing TPS ada 1 PTPS. Jumlah itu sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang baru ditetapkan setelah terjadinya pemekaran TPS dari 97 TPS menjadi 160 TPS," ujarnya.

"PTPS merupakan ujung tombak yang berkaitan erat dengan TPS yang ada. Tugasnya nanti mengawasi TPS. Contoh, mengambil gambar dokumentasi pada saat hari H. PTPS juga bertugas untuk mengamankan alat kerjanya termasuk (dokumen) C1 sehingga bisa mencegah mobilisasi massa saat pemilu berlangsung," ujarnya lagi.

Ia mengatakan, untuk pengumuman nama PTPS yang lolos akan dipasang diseluruh kantor kelurahan/desa guna membuka ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan pendapat atas calin yang lolos.

"Sehingga benar-benar 160 calon PTPS ini tidak terlibat dalam partai politik. Nama ini akan diumumkan selama tiga hari. Jika tidak ada tanggapan dari masyarakat maka dianggap tidak ada masalah terhadap PTPS dan nantinya akan dilantik secara bersamaan dengan PTPS distrik lainnya tanggal 25 Maret mendatang," katanya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment