Pemkab Mimika Kumpulkan Bantuan Untuk Korban Bencana Banjir Sentani

Bagikan Bagikan
Pelaksnaan apel pagi di halaman kantor Puspem Mimika.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika mulai mengumpulkan bantuan untuk disumbangkan kepada warga Sentanai, Jayapura pasca dilanda bencana banjir bandang pada Sabtu (16/3).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Mimika, Marthen Paiding ketika memimpin apel pagi, Senin (18/3) di halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika memerintahkan seluruh Organisai Perangkat Daerah (OPD) untuk segera mengumpulkan bantuan baik keuangan maupun sembilan bahan pokok (sembako) dan pakaian layak pakai. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ditunjuk sebagai pengkoordinir pengumpulan bantuan tersebut.

 “Di Sentani baru-baru ini ditimpa bencana banjir bandang. Sebagai ASN kita wajib mengumpulkan bantuan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama manusia. Yang tertimpah bencana itu merupakan saudara dan saudari kita se Papua. Masing-masing OPD wajib kumpulkan uang dan bantuan dalam bentuk lainnya,” ungkapnya.
Tim Pemkab Mimika dalam hal ini BPDB Mimika saat mengumpulkana bantuan pakian layak pakai (foto- Jefri Manehat)

Ia mengharapakan bantuan tersebut bisa dikumpulkan secepatnyan agar dalam minggu ini juga harus disalurkan ke Sentani agar bisa dimanfaatkan.

Di tempat terpisah, Sekretaris BPBD Mimika, Levinus Siahaya mengatakan, menindaklanjuti permintaan Sekda Mimika tersebut, BPBD membangun posko, tempatnya di Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar)  di Jalan Yos Sudarso Timika.

“Kita sudah koordinasi dengan BPBD yang ada di Jayapura, dan hal yang paling dibutuhkan disana adalah pakaian, karena pada saat terjadi musibah semua barang dibawa banjir,”  kata Levinus.

Levinus menjelaskan, banyak organisasi dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang telah memberikan sumbangan berupa pakian layak pakai.

“Pengumpulan bantuan ini batas waktu sampai dengan Kamis (21/3) dan siap untuk di drop ke temnpat musibah, karena mengingat kebutuhan sudah sangat mendesak. Bagi masyarakat Kabupaten Mimika yang punya pakian layak pakai dapat disalurkan kepada korban bencana di Sentani dan Pemda akan fasilitasi itu,” ungkapnya

Saat tim BPBD Kabupaten Mimika telah ada di tempat kejadian untuk membatu masyarakat dan juga melakukan koordinasi barang apa yang dibutuhkan. (Acik/Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment