Pemkab Mimika Siapkan Rancangan Tim Pemutihan Aset

Bagikan Bagikan
Kepala BPKAD Mimika, Marten Malisa ( Foto- Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, Marten Tappi Mallisa mengaku, Pemkab Mimika saat ini tengah mempersiapkan rancangan tim khusus pemutihan aset berupa kendaraan operasional milik pemkab yang ada disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, Senin (11/3), Marten mengaku jika rancangan pembentukan tim tersebut telah dibuat, dan akan dilanjutkan dengan SK Bupati sehingga bisa dapat melaksanakan evaluasi dan pendataan kebutuhan secara keseluruhan disetiap OPD.

“Memang sudah ada beberapa OPD yang mengajukan untuk balik nama atau pemutihan kendaraan dinas, tapi harus di seleksi terdahulu melalui panitia tim penghapusan, supaya bisa dilihat kebutuhan-kebutuhannya secara keseluruhan,” ungkapnya.

Menurut Marten, pemutihan kendaraan dinas tergantung dari kebutuhan, artinya, meski kendaraan dinas sudah lama terpakai tetapi masih dipergunakan oleh dinas maka tidak perlu diputihkan. Karena pengadaan kendaran dilakukan untuk menunjang operasional kedinasan atau kantor.

Ia pun menjelaskan pemutihan bukan hanya berlaku untuk aset yang berupa kendaraan, tetapi juga untuk perumahan dinas pegawai golongan III yang telah memenuhi syarat untuk diputihkan. Dimana hingga saat ini sudah ada yang mengajukan surat pemutihan dari beberapa penghuni di perumahan pemda II.

“Untuk rumah dinas itu ada syaratnya tersendiri. Ada dalam aturannya. Kemungkinan sudah ditempati selama 15 tahun ataupun telah dilunasi. Kecuali untuk rumah dinas golongan II seperti bupati, wakil bupati ataupun sekda, karena itu merupakan rumah jabatan,” jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment