Pemkab Sorong Selatan Bayar Tanah Marga Anny Bertahap

Bagikan Bagikan
Bupati Sorong Selatan memberikan uang Rp 5 Miliar kepada pemilik hak ulayat.(Foto-Kumparan)

SAPA (SORONG) - Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat tahun ini membayar ganti rugi tanah pembangunan kantor Bupati dan DPRD sebesar Rp 5 miliar kepada pemilik Ulayat marga Anny Distrik Teminabuan.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli di Sorong, Sabtu (16/3) mengatakan berdasarkan putusan pengadilan negeri nomor 28 tahun 2011 pemerintah melakukan pembayaran ganti rugi tanah pembangunan kantor Bupati dan DPRD Sorong Selatan yang dibangun pada tahun 2006 di atas tanah ulayat Marga Anny.

Dia mengatakan, pembayaran ganti rugi kepada Marga Anny berjumlah Rp 50 miliar yang telah dibayar sebanyak tiga tahapan sebesar Rp 21 miliar tersisa Rp 29 miliar.

Menurut Bupati, pemerintah telah bersepakat dengan Marga Anny di hadapan Pengadilan Negeri Sorong untuk membayar ganti rugi tanah tersebut setiap tahunnya sebanyak Rp 5 miliar.

"Namun apabila APBD Sorong Selatan meningkat dapat dibayar lebih dari itu ataupun dapat langsung melunasinya," ujarnya.

Ia menyampaikan, tahun anggaran 2019 pemerintah daerah membayar ganti rugi tanah Marga Anny sebesar Rp 5 miliar sehingga total pembayaran ganti yang telah dilunasi oleh pemerintah sebesar Rp 21 miliar dari keseluruhan Rp 50 miliar yang harus di bayar.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada Marga Anny yang telah menyerahkan tanah untuk pembangunan perkantoran pemerintahan Kabupaten Sorong Selatan dan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Darah setempat.

"Melalui penyerahan tanah tersebut maka Kota Teminabuan menjadi Indah dan tertata dengan baik serta berkembang maju pesat," ujarnya. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment