Prajurit TNI Ajarkan Baca Tulis Kepada Pelajar di Perbatasan RI-PNG

Bagikan Bagikan
Personel Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif PR 328/DGH sedang mengajarkan membaca kepada pelajar SD Inpres Yowong, Kabupaten Keerom.(Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA) - Prajurit TNI dari Yonif PR 328/DGH mengajarkan membaca dan menulis kepada pelajar Sekolah Dasar di Kampung Yowong, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Papua, yang berada di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG).

Serda Sigit dari Pos Skamto Yonif PR 328/DGH ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Kamis, mengatakan pendidikan merupakan hal yang terpenting bagi anak-anak usia dini untuk meraih masa depan yang cerah, terutama anak-anak yang berada di perbatasan yang masih sangat minim mendapatkan fasilitas pendidikan.

"Sehingga kami dari Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH, Pos Skamto berinisiatif mengajarkan murid-murid SD Inpres Yowong belajar dan menulis," katanya.

Di sekolah tersebut, katanya, hanya terdapat tiga orang guru yang aktif mengajar namun tak setiap hari mereka dapat hadir di SD itu karena kendala jarak yang jauh dari tempat tinggal.

"Yang membuat kegiatan belajar-mengajar tidak setiap hari dilaksanakan," katanya.

Selain itu, kata dia, personel Satgas juga memberikan motivasi kepada pelajar SD Inpres Yowong untuk semangat dalam belajar.

"Karena sangat kekurangan guru, kami juga mengajar dan melatih baca tulis kepada anak-anak yang masih belum bisa membaca dan menulis serta kami menumbuhkan motivasi dan semangat untuk belajar sehingga dapat meraih masa depan yang bagus," ujar Serda Sigit.

Kepala Sekolah SD Inpres Yowong, Marsila mengatakan bahwa tenaga pendidik merupakan salah satu faktor utama dalam kegiatan belajar-mengajar.

"Kami mempunyai enam kelas terdiri dari kelas 1 sampai dengan kelas 6, dan jumlah murid yang ada sekitar 29 orang. Kami juga kekurangan guru," katanya.(Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment