Produksi Miras Lokal, Dua Pelaku Diringkus Polisi

Bagikan Bagikan
Kepolisian saat melakukan penggerebekan di tempat produksi miras lokal. (Foto- Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Satuan Reserse Narkoba Polres Mimika bersama Polsek Kuala Kencana meringkus seorang wanita berinisial MS dan seorang laki-laki berinisial U karena diduga sebagai pelaku yang memproduksi minuman keras lokal atau biasa disebut Milo dengan jenis sopi di wilayah Sempan, Senin (18/3).

Pengungkapan ini berawal ketika pelaku MS diamankan anggota Brimob yang bertugas di area PT PAL, Jalan Trans Nabire beberapa waktu lalu. MS diamankan karena adanya perkelahian warga lantaran mengkonsumsi miras lokal jenis sopi yang dijual oleh MS.

Dari penangkapan MS itulah kemudian dikembangkan oleh Polsek Kuala Kencana dengan berkoordinasi bersama Satuan Reserse Narkoba. Disitu terungkap tempat produksi sopi yang terletak di belakang Konro wilayah Sempan, dimana produksi miras lokal dan penjualannya sudah berjalan kurang lebih satu bulan.

"Mereka memproduksi milo di rumah kos di jalan konro, dan itu sangat berbahaya, rumah kos juga sudah bisa dipakai untuk produksi milo. Yang mana cara memproduksi dengan menggunakan bahan gula pasir, gula merah, ragi lalu di suling  menjadi milo,” ungkapnya Wakapolres Mimika, Kompol I Nyoman Punia saat ditemui awak media di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Jalan Cenderawasih, Senin (18/3).

Menurut Wakapolres miras lokal sangat berbahaya karena dalam memproduksi tidak dilakukan secara layak dan tidak memenuhi standar yang diakui oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). 

"Kami sudah komitmen akan membasmi minuman keras dan akan mencari dimanapun milo itu di produksi yang ada di Kabupaten Mimika ini. Karena minuman ini yang bikin kita susah, dan terjadi banyak masalah kekerasan dan konflik yang berawal  dari miras. Miras sudah menjadi penyakit masyarakat yang berujung pada tindak pidana," kata Kompol I Nyoman Punia.

Menurutnya, 80 persen kejahatan yang terjadi di Kabupaten Mimika dikarenakan mabuk setelah mengkonsumsi miras. Oleh karena itu ia berharap adanya partisipasi masyarakat bersama Kepolisian memberantas miras produksi lokal di Mimika, dan kepada pelaku akan ditindak secara tegas.

Pelaku MS dan U dijerat dengan pasal berlapis. Dimana barang bukti yang berhasil diamankan yakni, kompor beserta panci berukuran besar, bambu penyulingan, 2 jeriken ukuran 20 liter dan botol aqua yang berisikan miras lokal.

Penggerebekan itu dipimpin langsung Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Mimika, Iptu Laurentius Kordiali dan Kapolsek Kuala Kencana, Iptu Yulius Harikattang. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment