Relawan Demokrasi Sosialiasi Pemilu di SMK Don Bosco

Bagikan Bagikan
Foto bersama usai sosialisasi oleh relawan demokrasi. (Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Relawan Demokrasi (Relasi) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika khusus basis pemilih pemula, Selasa (5/3), melakukan sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) di SMK ST Yohanis Don Bosco kompleks Irigasi, Jalan Hasanuddin guna menekan angka golput pada pemilu 17 April 2019.

Salah satu anggota Relasi basis pemilih pemula, Hendry Latupeirissa mengatakan, sosialisasi tersebut untuk mengajak para pelajar yang merupakan pemilih pemula agar dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilu nanti.

“Satu suara dari pemilih sangat menentukan masa depan daerah dan bangsa dalam lima tahun kedepan. Sayang kalau suara yang dimiliki tidak disalurkan. Dan jangan menyalahkan kalau tidak memilih, tapi orang yang duduk di kursi legislatif (DPRD maupun DPR RI) maupun eksekutif (Presiden dan wakil presiden) bukan orang yang sesuai dengan keinginan,” ujarnya ketika ditemui wartawan usai kegiatan tersebut.

Dalam sosialisasi yang dilakukan pihaknya menjelaskan dan memperkenalkan surat suara yang nantinya akan dicoblos (dipilih) saat proses pemungutan suara berlangsung. Dimana pada pemilu 2019 terdapat lima surat suara, masing-masing berwarna hijau untuk pemilihan DPRD Kabupaten/Kota, biru untuk DPR Provinsi (DPRP), merah untuk DPD RI dan kuning untuk DPR RI. Sedangkan warna abu-abu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

“Dari kelima surat suara, untuk DPRD kabupaten/kota, DPR provinsi dan DPR RI tidak diserta wajah calon legislatif (caleg), tetapi hanya nomor urut dan nama. Sementara untuk DPD RI serta presiden dan wakil presiden, selain nomor urut juga disertakan foto,” jelasnya.

“Ini penting diketahui oleh pemilih, agar tidak salah dalam menentukan pilihan,”tambahnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment