Sekda Nataniel : Paradigma Pembangunan Papua Barat Jamin Kesejahteraan Kerkelanjutan

Bagikan Bagikan
Sekretaris Daerah Papua Barat Nataniel Mandacan.(Foto-Antara)

SAPA (MANOKWARI) - Paradigma pembangunan yang dilaksanakan pemerintah Provinsi Papua Barat saat ini diklaim sebagai upaya untuk menjamin kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Sekretaris Daerah Papua Barat, Nataniel Mandacan di Manokwari, Rabu, mengatakan, Papua Barat sudah dideklarasikan sebagai provinsi konservasi. Ini upaya pemerintah daerah untuk menjaga kelestarian lingkungan dan seluruh potensi sumber daya alam (SDA).

Penetapan provinsi konservasi, lanjut Sekda, merupakan awal dari pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di daerah tersebut.

‘’Pemerintah daerah ingin mengelola sumber daya alam secara terpadu dan bertanggung jawab, penegakan hukum atas eksploitasi sumber daya alam yang bersifat merusak dan merugikan jangka panjang,’’ ujar Sekda.
                             
Menurutnya, semua pihak termasuk komponen masyarakat harus bekerjasama menjaga keseimbangan alam. Sumber daya alam baik di darat maupun laut harus dijaga untuk generasi masyarakat Papua kedepan.

‘’Harus ada kerjasama, kalau tidak maka alam akan rusak,  Apa yang kita lihat dan rasakan hari ini tinggal cerita bagi anak-anak kita beberapa tahun kedepan, jangan sampai seperti itu," katanya lagi.

Terkait pengamanan dan penegakan hukum terkait pengelolaan dan pemanfaan SDA, kata dia, Pemprov Papua Barat berkomitmen mendukung aparat baik kepolisian, kejaksaan termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ia pun berharap, ada sinergitas antar penegak hukum atas pelanggaran di perairan dan perikanan yang dimulai dari alur pelayaran, segala bentuk perizinan, penetapan kawasan konservasi hingga pengawasan.

‘’Salah satu strategi pencegahan adalah mendukung patroli gabungan di laut. Wajib dilakukan di dalam kawasan konservasi perairan,’’ ujarnya lagi.(Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment