Tahun ini DP3APPKB Bangun Balai Penyuluhan Kesehatan Reproduksi di Mimika Gunung

Bagikan Bagikan
Kepala DP3APPKB Kabupaten Mimika, Alice Irene Wanma. (Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Mimika akan membangun satu unit gedung yang akan dipergunakan sebagai tempat khusus penyuluhan kesehatan reproduksi perempuan.

Balai penyuluhan ini akan dibangun di Kampung Mimika Gunung, Distrik Kuala Kencana menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika tahun 2019. Selain sebagai tempat khusus penyuluhan kesehatan reproduksi, juga akan dipakai untuk penyuluhan terkait kesehatan ibu dan anak serta KB.

“Dua tahun lalu kami sudah bangun di Timika Jaya dan Wania. Tahun ini akan dibangun satu unit lagi di Mimika Gunung. Memang pembangunannya masih lama, tapi itu yang sementara kami dorong,” ungkap Kepala DP3APPKB Mimika, Alice Irene Wanma saat ditemui Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, Selasa (5/3).

Ia menjelaskan, kesehatan reproduksi  harus diketahui oleh seluruh perempuan mulai dari usia remaja hingga sudah berumah tangga. Apalagi untuk usia remaja, harus bisa mengetahui kapan mengalami menstruasi, larangan melakukan hubungan badan diluar nikah serta hal-hal lainnya yang dapat memberikan pemahaman kepada mereka.

Sedangkan untuk ibu rumah tangga juga wajib memahami pentingnya mengatur jarak kelahiran anak, cara mengonsumsi pil KB dan penggunaan alat kontrasepsi. Selain itu, sebagai ibu rumah tangga juga diarahkan agar bisa mengurus kesehatan anak-anak, melaksanakan imunisasi dan pentingnya konsultasi ketika dalam keadaan sedang mengandung.

“Ini sangat penting supaya para perempuan di kampung-kampung harus bisa menjaga kesehatan diri, anak dan keluarga. Juga sebagai ibu rumah tangga dituntut untuk bisa memberikan pendidikan khusus terkait anak perempuannya, agar bisa menghindari seks bebas dan apa akibatnya,” jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment