Terkendala Anggaran, Aktivitas Bawaslu Mimika Tetap Berjalan

Bagikan Bagikan
Sekretaris Kantor Sekretariat Bawaslu Mimika, Yuhendar Muabuai.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) - Sekretaris Kantor Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika, Yuhendar Muabuai, mengaku bahwa saat ini aktivitas Bawaslu tetap berjalan meski terkendala anggaran.

Diakuinya, anggaran yang diterima sebelumnya dari APBN sebesar Rp200 juta telah digunakan, sementara saat ini pihaknya tengah menunggu anggaran selanjutnya termasuk dana hibah dari Pemkab Mimika sebesar Rp3,2 miliar.

“Untuk anggaran tahun 2019, kami mendapat uang persediaan 200 juta dari APBN dan telah kami gunakan berbagai kegiatan, seperti rakor bersama pandis dan partai politik. Sampai saat ini kami masih menunggu anggaran untuk membiayai hak pandis maupun sekretariat,” ujarnya kepada Salam Papua di bilangan Jalan Hasanuddin. Selasa (12/3).

Ia mengatakan, meski sejak 15 Agustus 2018 lalu komisioner Bawaslu Mimika sudah dilantik, tetapi sampai saat ini pihaknya masih berada dalam satuan kerja Bawaslu Provinsi Papua.

“Semuanya masih dalam proses, itu sudah kami konfirmasi dari Jayapura. Semoga cepat terselesaikan, sehingga hak-hak panwaslu bisa terpenuhi dan penunjang berbagai kegiatan tahapan pemilu,” ujarnya.

“Sementara bantuan dari pemda Kabupaten Mimika, kami mendapatkan dana hibah 3,2 miliar. Namun proses administrasinya harus jalan. NPHD harus dilaporkan ke Bawaslu Provinsi dan dilanjutkan ke KPPN disana, dan mengajukan ke kanwil anggaran untuk disetujui pembuatan rekening baru Bawaslu Mimika,” jelasnya menambahkan.

Dengan demikian, ia berharap agar anggaran yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan semua kegiatan Bawaslu dapat segera terealisasikan, termasuk proses perekrutan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang sedang berlangsung.

“Memang kami merasa sangat terganggu, kegiatan terhambat karena itu (anggaran) pendukung utama. Tetapi perlu diketahui bahwa kita semua tetap sama-sama melaksanakan tugas. Ini pekerjaan Negara, cuma proses anggarannya saja seperti itu. Semoga semua berjalan dengan baik,” harapnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment