Tidak Ada Pemberlakuan Sistem Noken di Mimika

Bagikan Bagikan
Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola.(Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Indra Ebang Ola menegaskan tidak ada pemberlakukan sistim noken dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Indra menjelaskan, selama ini hanya ada enam kabupaten di  Provinsi Papua yakni Puncak Jaya, Intan Jaya, Tolikara, Lanny Jaya, Nduga dan Dogiay  yang memberlakukan penggunaan sistem noken pada Pemilihan Umum (Pemilu).

“Mimika selama ini tidak ada pemberlakuan sistim noken. Daerah yang tidak pernah melakukan sistim noken, tidak diperbolehkan sama sekali menggunakan sistim tersebut. Jadi Mimika tidak diperbolehkan,” ujarnya ketika ditemui wartawan, di salah satu hotel di Jalan Hasanuddin, Selasa (12/3) malam.

Hal tersebut, kata Indra, merupakan bagian dari pelaksanaan Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Menurutnya, pemungutan suara dengan menggunakan sistim noken dikategorikan sebagai perbuatan penyimpangan secara struktur dan masif.

“Ini dikategorikan masif sehingga apabila ada yang meberlakukan ini, maka akan dilakukan PSU (Pemungutan Suara Ulang – red). Kami sebagai komisioner melakukan perintah undang-undang. Dimana setiap masyarakat memiliki hak suara dan berhak mendistribusikan suaranya berasaskan langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber). Dan sejauh ini kita belum dapat regulasi atau aturan turunan yang membolekan kita menggunakan sistim noken,” jelasnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment