Tiga Bulan Berjalan, Jumlah Pengurus Kartu Pencaker Meningkat

Bagikan Bagikan
Suasana kepengurusan kartu kuning di Disnakertrans dan Pera Kabupaten Mimika.(Foto-Istimewa)

SAPA (TIMIKA) -  Terhitung Januari – Maret 2019, jumlah Pencari Kerja (Pencaker) yang mengurus Kartu Kuning atau kartu pencaker sangat meningkat. Tiga bulan berjalan, tercatat sudah 1829 kartu yang dikeluarkan oleh Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertras) Kabupaten Mimika. Jumlah pengurus kartu pencaker melonjak sejak diumumkan adanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pegawai pelayanan penerbitan Kartu Kuning di Disnakertrans, Korneles Mambor mengatakan, jumlah tersebut melonjak setelah dikelurkannya informasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang beredar beberapa waktu lalu. Selain itu, juga dikarenakan adanya lowongan penerimaan tenaga kerja di beberapa perusahaan sub kontraktor PT Freeport Indonesia.

“Kami ada buku khusus untuk mendata pengurus kartu kuning setiap harinya. Sejak masuk kerja di bulan januari lalu sampai tanggal 11 maret 2019 itu sudah mencapai 1829 Orang. Itu berarti baru dua bulan beberapa hari saja dan jumlahnya sudah banyak sekali,” ungkap Neles kepada Salam Papua di Kantor Disnakertrans, Selasa (12/4).

Ia mengatakan, sejak adanya informasi penerimaan CPNS dominan pengurus kartu kuning adalah yang merupakan pencari kerja lulusan Strata Satu (S1) dan Diplomat III. Sedangkan untuk lulusan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) cenderung dengan keperluan untuk melamar kerja di perusahaan sub kontraktor PT FI.

“Memang kami ada jumlahkan secara khusus untuk pengurus yang merupakan S1 dan diplomat III. Bergitu juga dengan yang SMA/SMK. Tapi belum bisa disampaikan sekarang (kemarin-red) karena itu ada dalam data computer khusus,” katanya. (Acik).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment