Tips Mengurangi Rasa Pahit Dalam Secangkir Kopi

Bagikan Bagikan
Kemasan Waanal Coffee

BICARA mengenai kopi sudah pasti tidak akan terlepas dari rasa pahit. Karena memang namanya kopi pasti mengeluarkan rasa pahit walaupun itu arabika. Sebenarnya sama seperti kehidupan ini, pasti ada ada pahitnya. Dan ada manisnya.

Namun perbedaannya, pada saat bicara kehidupan, semua orang, pasti tidak ada yang mau untuk hidup dan tenggelam dalam pahitnya kehidupan.

Kalau di dunia kopi, ada orang-orang yang senang dengan pahitnya kopi. Semakin pahit semakin bahagia.

Sebagian pecinta kopi ada juga yang tidak mau didominasi oleh pahitnya kopi.  Mereka lebih senang mencari rasa asam atau manisnya kopi atau ada yang suka balance/semua terasa seimbang.

Kali ini Waanal Coffe and Resto Timika mau kasih tips bagaimana mengurangi rasa pahit dalam secangkir kopi.

Pertama, kenalan dulu sama jenis beans yang akan anda gunakan dan roasting. Biasanya untuk roasting bisa kita pakai light or medium. Tapi kalau anda datang ke sebuah coffee shop yang menyajikan robusta atau house blend dan roastingannya medium to dark bahkan dark, anda bisa minta barista untuk menyeduhnya dengan Temperatur 80°- 90°, itu tips kedua.

“Yang ke tiga, anda bisa  atur dari ukuran gilingan kopi. Pilihlah ukuran yang tidak terlalu halus (biasanya ukuran halus itu untuk espresso atau biasa saya pribadi menyebutnya Pace Black). Biasanya barista pasti sudah sangat mengerti hal ini,” kata Penanggung Jawab Waanal Coffee and Resto Timika, Randy Manurung.

Yang ke empat, jangan lebih banyak gosip atau merokok dari pada minum kopinya... artinya, kopinya jangan di biarkan lama di atas meja. Anak- anak Papua punya istilah, “Kasih habis Tempo sudah.”

Karena rasa pahit itu akan bila dibiarkan lama karena dia akan berektraksi sehingga pahitnya semakin ke luar.

“Semoga bermanfaat dan kalau mau sharing tentang hal yang lain mengenai kopi, bisa langsung merapat ke Waanal Coffee and Resto,”  ujar Randy. (Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment