TNI Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Warga Makmakerbo Biak

Bagikan Bagikan
Dandim Biak 1708 Letkol (Inf) Ricardo Siregar sedang membagikan obat gratis kepada warga.(Foto-Antara)

SAPA (BIAK) - Puluhan rumah tangga warga Kampung Makmakerbo, Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua mendapat pelayanan kesehatan gratis yang dilakukan tenaga kesehatan pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104, di Biak, Selasa.


Program layanan kesehatan nonfisik TMMD itu sangat diminati warga Kampung Makmakerbo karena dapat memeriksakan kesehatan dan memperoleh obat-obatan secara gratis.

Dandim Biak 1708 Letkol (Inf) Ricardo Siregar M.Tr (Han) mengatakan kegiatan layanan kesehatan dan penyuluhan merupakan kegiatan nonfisik program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang Ke-104.

"Melalui penyuluhan dan layanan kesehatan kepada masyarakat Kampung Makmakerbo diharapkan nantiya terbiasa dan tetap hidup bersih," katanya .

Ia mengingatkan saat ini masih banyak masyarakat yang pola hidupnya kurang sehat terbukti dengan telah ditetapkannya Kabupaten Biak Numfor mengalami kejadian luar biasa demam berdarah dengue (KLB DBD).

Warga Biak yang terkena kasus DBD sesuai data Dinas Kesehatan di Kabupaten Biak Numfor, menurut Dandim, telah menimpa 55 orang.

Bahkan dari 55 kasus warga Biak yang terkena DBD di Biak, lanjutnya, dua diantara pengidap DBD telah meninggal dunia.

"Jadi kami harapkan dengan diadakan penyuluhan dan layanan kesehatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam berprilaku hidup sehat dan bersih," tambahnya.

Dandim mengatakan kegiatan penyuluhan dan pelayanan kesehatan ini dapat dilaksanakan berkat perhatian dari pemerintah daerah yang bekerja sama dengan kodim 1708/BN.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabuoaten Biak Numfor, dr Leonora Komboi menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1708/BN yang telah membangun rumah warga serta melaksanakan program penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di Kampung Makmakerbo, Distrik Oridek.

"Kami telah melihat di 10 rumah masyarakat Kampung Makmakerbo telah memilki air yang bersih, ini sangat membantu warga dalam mengatasi kebutuhan air," katanya.

Ia mengingatkan Biak telah ditetapkan KLB DBD maka warga Kampung Makmakerbo diminta senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih.

"Jajaran Dinkes Biak mengharapkan kagiatan penyuluhan dan pelayanan kesehatan ini semoga dapat bermanfaat dalam meningkatkan derajat kesehatan warga Kampung Makamakerbo," kata perempuan dokter asli Papua itu.

Pada kegiatan penyuluhan dan pelayanan kesehatan TMMD ke-104 di Kampung Makmakerbo, Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor yang ditandai pemberian obat gratis itu disaksikan Pamen Denmabesad Kolonel (Inf) Amarullah serta Kasi Teritorial Korem 173/PVB Kolonel (Inf) Ganda Simatupang serta pamen TNI dan pejabat Dinkes setempat. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment