464 Personel TNI Siap Mendukung Polres Mimika Amakan Pemilu

Bagikan Bagikan
Personil TNI mengikuti apel gelar pasukan di Koramil 1710-2 Mimika. (Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Sebanyak 464 personel TNI diturunkan untuk mendukung Kepolisian dalam hal ini Polres Mimika dalam melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 di Kabupaten Mimika.

“Jumlah kekuatan itu sudah tersebar semuanya. Termasuk yang sudah ke daerah terpencil dan rawan. Sementara H-1 pemilu, untuk diwilayah kota ada 187 (Personel) yang terdiri dari TNI AD, AU, AL. Kita fokuskan ke beberapa wilayah seperti distrik Kuala Kencana, Mimika Baru, Iwaka, Wania, Kwamki Narama dan Mimika Timur,” ujar Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Letkol Inf Pio L. Nainggolan usai apel gelar pasukan di Koramil 1710-2/Mimika, Jalan Yos Sudarso, Selasa (16/4).

Dikatakannya, apel gelar pasukan itu dilakukan untuk mengetahui tempat penugasan di setiap TPS, serta nantinya akan mendorong dan membantu KPPS untuk mendirikan TPS yang dilanjutkan pengawalan saat pencoblosan, serta proses penghitungan sampai dengan penarikan logistik.

“Satu personil babinsa akan mengawal empat sampai enam TPS. Dimana mereka memiliki tugas monitoring dan meyakinkan logistik itu aman, juga meyakinkan proses pemilihan juga aman,” kata Letkol Inf Pio L Nainggolan.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan tim quick respon yang kegiatannya tersentralisasi dimasing-masing distrik.

"Personil dari Dandekav 3 akan bertugas dalam quick respon. Apabila ada orang yang berupaya membuat kericuhan, menggagalkan pelaksanaan pemilu, saya sudah perintahkan untuk segera ambil dan memisahkan, kemudian diserahkan ke kepolisian,” katanya.

“Pengawalan terus dilakukan sampai adanya putusan pleno hasil rekapitulasi perhitungan suara oleh KPU Mimika,” ujar Dandim menambahkan. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment