56 SMP di Kabupaten Mimika Siap Mengikuti Ujian Nasional

Bagikan Bagikan
Ketua Panitia UN Kabupaten Mimika, Manto Ginting.(Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 56 Sekolah Tingkat SMP di Kabupaten Mimika siap untuk  melaksanakan Ujian Nasional serentak pada tanggal 23 April Mendatang

Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) Kabupaten Mimika, Manto Ginting kepada Salam Papua mengatakan dari 56 sekolah tingkat SMP yang akan mengikuti ujian Nasional dengan jumlah secara keseluruhan 3.673 peserta.

Dari 56 SMP yang akan melaksanakan ujian, 25 sekolah dengan peserta 2.716 akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sementara 31 Sekolah lainnya  akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan pensil (UNKP)  dengan jumlah 957 peserta

“UNKP kalau dibandingkan dengan UNBK, UNKP lebih sedikit dibandingkan dengan UNBK. Memang untuk sekolah yang melaksanakan UNKP lebih banyak namun pesertanya lebih sedikit karena banyak sekolah yang melaksanakan ujian atau  UNKP merupakan sekolah yang berada  dipedalaman, dan juga jumlah siswa yang ada dipedalaman terbilang sedikit,” ungkapnya saat ditemui di SMP N 2 Timika jalan Budi Utomo, Senin (8/4)

Kata Manto, yang melaksanakan UNKP pada tingkat SMP tidak hanya pada sekolah yang ada di pedalaman namun ada beberapa sekolah yang ada di Kota juga masih melaksanakan ujian berbasis kertas dan pensil.

Sebut Manto, SMP Benih Papua, SMP Peduli Papua, SMP Batu Karang, SMP Viladelfia, SMP Sion, SMP YPGI, SMP YPK Ebenezer, SMP Mararti, SMP Taruna Papua, SMP Naina Timika, sementara di pedalaman semua sekolah masih menggunakan UNKP

Manto menilai UNBK pada tahun ini meningkat , dimana pada tahun kemarin (2018) UNBK hanya ada 12 sekolah yang melaksanakan UNBK 

Direncanakan pembukaan Ujian Nasional (UN) pada tingkat SMP akan dibuka secara resmi oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng yang akan dilakukan di SMP N 2 Timika.  
Kepala Sekolah SMP N 2Timika, Tania Sihombing.(Foto-Jefri Manehat)
Kepala Sekolah SMPN 2 Timika, Tania Sihombing menuturkan jumlah peserta Ujian dari SMPN 2 sebanyak 408 Peserta,  dan tentunya  untuk pelaksanaan UNBK nantinya dipastikan telah siap untuk mengikuti  UNBK, dimana pada tahun lalu SMPN 2 merupakan bagian yang melaksanakan UNBK sehingga pada  UNBK tahun ini dipastikan siap. 

“Persedian unit komputer untuk pelaksanaan UNBK,  ada 150 unit komputer yang siap untuk pelaksanaan UNBK mendatang dan kami sudah siap, untuk kendala juga kami sudah mengantisipasinya, mungkin hambatan dari Tuhan saja yang mungkin kami tidak tahu itu,” ungkapnya. 

“Yah mudah- mudahan saja pada pelaksanaan UNBK pada tahun ini bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun,’ tuturnya kepada Salam Papua . (Jefri Manehat) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment