Bupati Mimika : Kalau Perlu Penerimaan CPNS 100 Persen Untuk Suku Amungme dan Kamoro

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika Eltinus Omaleng.(Foto-Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng  menegaskan dirinya lebih memprioritas dua suku besar Amungme dan Kamoro dalam penerimaan CPNS  tahun 2018 agar ada kesempatan yang sama antara orang Papua dan pendatang di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

“Kali ini saya akan perhatikan saya punya suku besar ini dulu baru yang lain, biar saya punya anak-anak juga dapat kesempatan yang sama. Bila perlu 100 persen kasih untuk anak- anak Amungme dan Kamoro jika kuota anak- anak Amungme dan Kamoro memenuhi untuk 100 persen,” kata Bupati Omaleng saat ditemui di Pendopo, Jalan Poros Kuala Kencana, Senin (29/4).

Menurut Bupati Omaleng, banyak anak Papua dari  suku Amungme dan Kamoro yang sudah selesai kuliah dan masih menganggur. Karena itu kesempatan penerimaan CPNS di Kabupaten Mimika perlu diberikan kesempatan sepenuhnya kepada mereka.

“Anak- anak Amungme dan Kamoro yang sarjana sudah banyak jadi saya berikan kesempatan kepada mereka dan tidak bisa diberikan kesempatan pada anak- anak yang lain, “ ujarnya. 

Bupati Omaleng menjelaskan,  ini adalah daerah otonomi khusus sehingga anak- anak asli daerah ini (Amungme dan Kamoro) yang paling utama diperhatikan. Jika dalam penerimaan kurang barulah diberikan kesempatan bagi Papua yang lain dan non Papua.

“Coba lihat anak- anak Amungme dan Kamoro di Pemda itu hampir tidak terlihat.  Di Pemkab Mimika, antara non Papua dan Papua (Amungme dan Kamoro ) tidak seimbang, sehingga mereka harus diberikan kesempatan,” tegas Bupati Omaleng.  (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment