Dandim 1710/Mimika: Netralitas TNI Tidak Menghalagi Peran dalam Membantu Tugas KPU

Bagikan Bagikan
TNI Siap amankan Pemilu 2019. (Foto-Salma)

SAPA (TIMIKA) – Komandan Kodim (Dandim) 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L. Nainggolan mengatakan netralitas TNI dalam Pemilihan Umum (Pemilu) baik pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) adalah harga mati. Kendati demikian, hal tersebut tidak menghalangi peran serta TNI dalam membantu tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Netralitas TNI harus kita wujudkan dengan tidak mendukung secara langsung ataupun tidak secara langsung calon yang berkompetisi. Perlu ditekankan bahwa, kita boleh membantu KPPS, mengangkut kotak suara, membantu mendistribusikan logistik dan lainnya,” ujar Dandim dalam apel gelar pasukan yang digelar di Koramil 1710-2/Mimika, Jalan Yos Sudarso, Selasa (16/4).

“Yang penting, jangan mengurusi pemungutan suara, perhitungan, itu tidak diperbolehkan. Misal, suara sah 01, suara sah 02, sah partai ini, calon ini. Sekali lagi itu tidak boleh. Tetapi bentuk dukungan lainnya yang membantu tugas KPU itu boleh dilakukan,” ujar Dandim mengatakan.

Selain itu, untuk implementasi netralitas TNI dalam pesta demokrasi 17 April ini, seluruh prajurit TNI hanya membantu mengamankan penyelenggaraan sesuai dengan tugas dan fungsi. Dimana terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yakni adanya hoaks, ujaran kebencian, isu suku, agama, dan rasa atau sara.

“Tiga hal ini menjadi penekanan. Karena itu, mari kita junjung tinggi integritas bersama,” ajak Dandim. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment