DKP Papua Cek Kondisi Ikan Sentani Usai Banjir Bandang

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua FX Mote.(Foto-Ant)

SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Provinsi Papua kini tengah meneliti kondisi ikan Sentani usai kejadian banjir bandang di Kabupaten Jayapura sebagai tindak lanjut dari instruksi wakil gubernur.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua FX Mote, di Jayapura, Jumat (12/4), mengatakan pihaknya tengah mengumpulkan sampel untuk kemudian diuji dan diteliti pada instansi terkait yakni laboratorium ikan.

"Jadi untuk meyakinkan masyarakat bahwa ikan di Sentani layak dikonsumsi, kami akan melakukan tes laboratorium bersama instansi terkait," katanya.

Menurut Mote, untuk menenangkan masyarakat sementara ini, pihaknya memberikan gambaran bahwa ikan di Danau Sentani dan sekitarnya merupakan ikan berjenis herbivora atau pemakan tumbuhan bukan karnivora (pemakan daging) sehingga warga diimbau tidak takut untuk mengkonsumsi ikan.

"Dalam hal ini kami akan bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam, DKP baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, Balai POM, Balai Karantina Ikan dan Laboratorium Perikanan," ujarnya.

Dia menjelaskan dalam penelitian di laboratorium ini pihaknya akan membandingkan kondisi ikan sebelum dan sesudah terjadi banjir bandang di Kabupaten Jayapura di mana diharapkan hasilnya dapat memberikan informasi kepada masyarakat bahwa ikan-ikan tersebut layak dikonsumsi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal mengimbau korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura untuk kembali mengkonsumsi ikan.

"Tidak usah terprovokasi dengan isu-isu yang menyatakan kalau ikan-ikan di Danau Sentani dan sekitarnya tidak layak dikonsumsi," katanya. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment