Inspektorat Akan Periksa Pengalihan Anggaran Dinas Sosial

Bagikan Bagikan
Kepala Inspektorat, Provinsi Papua Barat Sugiyono.(Foto-Tnc)

SAPA (SORONG) - Inspektorat Provinsi Papua Barat akan memeriksa dugaan pengalihan anggaran pembangunan fisik ke bantuan sosial oleh Dinas Sosial tanpa melalui prosedur.

"Awalnya dalam dokumen perencanaan anggaran 2017 Dinas Sosial Papua Barat akan membangun asrama bagi tunanetra namun lahan belum siap sehingga anggaran pembangunan fisik tersebut dialihkan ke bantuan sosial," kata Kepala Inspektorat Provinsi Papua Barat, Sugiyono di Manokwari, Sabtu (6/4).

Sugiyono mengakui bahwa sebelumnya pihak Inspektorat tidak mengetahui pengalihan anggaran pembangunan fisik pada Dinas Sosial tersebut.

Dia mengatakan, pihaknya baru mengetahui pengalihan anggaran pembangunan fisik pada Dinas Sosial setelah mendapat laporan dari pihak Kejaksaan setempat.

Menurut dia, pengalihan anggaran pembangunan fisik ke kegiatan lainnya harus melalui prosedur yaitu melakukan revisi pada perusahaan anggaran dan mendapat persetujuan ketua tim pengelola anggaran.

"Jika ada dinas yang melakukan pengalihan anggaran pembangunan fisik ke kegiatan lainnya tanpa melalui prosedur tersebut maka dianggap temuan," ujar Sugiyono.

Ia menambahkan bahwa Inspektorat dalam waktu dekat akan turun melakukan pemeriksaan dugaan penyalahgunaan anggaran pembangunan fisik pada Dinas Sosial tersebut. Apabila benar dilakukan tanpa prosedur anggaran itu harus dikembalikan ke kas negara. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment