Jamin Hak Pilih Ribuan Karyawan, Bawaslu Koordinasi Bersama PT PAL

Bagikan Bagikan
Kunjungan Bawaslu ke PT PAL.(Foto-Acik)

SAPA (TIMIKA) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mimika  melakukan koordinasi bersama manajemen PT Pusaka Argo Lestari (PAL) guna menjamin hak pilih bagi seluruh warga termasuk ribuan karyawan PT PAL.

Komisioner Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu, Budiono Munche menjelaskan, sosialisasi wajib dilakukan demi menjamin hak pilih bagi warga di PT PAL. Sebab khusus di wilayah PT PAL,  banyak warga pendatang yang wajib dan mempunyai hak memilih sehingga perlu diberikan sosialiasi terkait form A5.

“Memilih itu adalah hak. Setiap orang yang berhak memilih juga mempunyai kewajiban. Kewajiban untuk warga yang ingin memilih adalah mengurus form A5. Takutnya masyarakat ini tidak mengerti bahwa ternyata harus mengurus A5 karena memang banyak di PT PAL yang merupakan warga luar,” jelasnya di  PT PAL, Senin (8/4).

Kunjungan Budiono Munche ke PT PAL didampingi Ketua Bawaslu Mimika, Yonas Panampa serta Komisioner Divisi Sengketa Bawaslu Mimika, Blasius  Narwadan.

HRD PT PAL, Bastian Alfian mengatakan hingga saat ini masih menunggu sosialisasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika terkait persoalan form surat pindah memilih (A5) bagi warga PT PAL.

Ia  mengatakan, beberapa waktu lalu pihak KPU mengunjungi PT PAL, namun hanya menyerahkan form A5 tanpa melakukan sosialisasi. Jumlah karyawan PT PAL mencapai kurang lebih 1600 orang dan telah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektrik (KTP-E).

“Memang data terakhir untuk warga yang memilih di wilayah PT PAL ini sebanyak 210, tapi selebihnya menunggu sosialisasi dari KPU. Kami sifatnya memfasilitasi saja dan akan tetap tunggu jadwal dari KPU,” kata Bastian.

Mendapatkan laporan pihak manajemen PT PAL, Bawaslu Mimika langsung melakukan koordinasi kepada KPU Mimika. Di mana KPU Mimika akan melakukan jemput bola ke wilayah PT PAL untuk memastikan berapa jumlah warga yang akan ikut memilih ataupun tidak ikut memilih.

“Kami sudah koordinasi langsung ke KPU dan KPU mengaku besok (hari ini-Red) akan ke PT PAL untuk mendata berapa jumlah warga yang ikut di sana,” ungkap Budiono saat dihubungi Salam Papua via telepon. (Acik).
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment