Kampung Mulia Kencana Siapkan Ikan Segar untuk Atlet PON

Bagikan Bagikan
Masyarakat Kampung Mulia Kencana budidaya ikan pada jaringan irigasi. (Foto-Istimewa)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika kini tengah mempersiapkan semua hal menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang, yang mana Kabupaten Mimika menjadi salah satu cluster (Tuan rumah) dalam perhelatan tersebut.

Hal lain yang menjadi perhatian pemerintah adalah konsumsi atau makanan yang sehat bagi para atlet yang akan mengikuti kejuaaran pada PON di Kabupaten Mimika. Untuk menjawab itu, Kampung Mulia Kencana-SP 7 tengah menyiapkan ikan-ikan segar yang dipelihara masyarakat di kampung itu melalui budidaya ikan segar.

Kepala Kampung Mulia Kencana, Syamsul Bahri, mengatakan bahwa masyarakat diwilayahnya tengah melakukan budidaya ikan dengan memanfaatkan saluran irigasi untuk membuat keramba pada irigasi untuk membudidaya ikan.

Di mana, budidaya ikan yang dilakukan masyarakat setempat dibantu oleh para mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di kampung itu, dan mendapatkan bantuan berupa bibit dan pakan ikan.

Bahkan, budidaya ikan merupakan salah satu program di Kampung Mulia Kencana yang akan diperluas hingga 4 kilometer (Km) mengikuti saluran irigasi yang ada di kampung itu. Dan untuk memperluasnya, pihaknya akan menggunakan dana desa (DD) tahun 2019.

“Dana untuk kelanjutan budidaya ikan itu sudah kami masukkan dalam RAK (Rencana Anggaran Kampung), yang mana dalam RAK tersebut dianggarkan kurang lebih 200 juta, karena ikan yang kita budidayakan adalah ikan nila dan ikan mas,” kata Syamsul saat menghubungi Salam Papua, Minggu (14/4).

Langkah yang dilakukan ini selain untuk membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan ikan segar menjelang PON, juga untuk mengedukasi masyarakat dalam memanfaatkan peluang yang ada, dan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat di Kampung Kencana.

“Program ini adalah program yang berkelanjutan, tidak hanya untuk PON. Dan tentunya kita juga akan bekerjasama dengan stakeholder yang ada untuk  bagaimana ikan tersebut tidak hanya di budidayakan untuk makan, tapi bisa menjadi usaha bagi masyarakat untuk menambah penghasilan masyarakat kampung,” ujarnya. 

Ia juga berharap hal tersebut bisa mendapat perhatian dari Pemkab Mimika guna memajukan kesejahteraan masyarakat. (Jefri Manehat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment