Kemkumham Papua Bersinergi Bina SDM Lapas

Bagikan Bagikan
Pelaksana Kepala Kantor Wilayah Kemkumham Papua, Pagar Butar Butar .(Foto-Istimewa)

SAPA (JAYAPURA)  - Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua kini mendorong sinergitas dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura guna membina sumber daya manusia (SDM) Lembaga Pemasyarakatan terutama pelatihan pengembangan ketrampilan narapidana dan tahanan.

Pelaksana Kepala Kantor Wilayah Kemkumham Papua, Pagar Butar Butar di Jayapura, Sabtu (13/4), mengatakan kini pihaknya sementara mendorong sinergitas dengan Balai Jasa Konstruksi guna pengembangan keterampilan narapidana dan tahanan.

"Ini akan menjadi program prioritas Kanwil Kemkumham Papua. Ke depan Kanwil Papua akan segera merumuskan dan mengambil langkah-langkah konkret terkait sinergitas bersama Balai Konstruksi dengan divisi terkait," katanya.

Menurut dia, kepala divisi pemasyarakatan akan menyiapkan SDM terutama para narapidana di Lapas untuk mengikuti pelatihan yang akan digelar oleh di Balai Jasa Konstruksi Jayapura, dalam waktu dekat ini.

"Hendaknya ini menjadi kebijakan yang mendorong program pimpinan, bagaimana memberdayakan narapidana," katanya.

Dia mengatakan, pemberdayaan narapidana dapat dilakukan melalui kesiapan SDM Petugas Pemasyarakatan terutama terkait dengan pemberian kapasitas skill kelistrikan dan las, tapi juga keterampilan terhadap warga binaannya/nara pidana dan tahanan.

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan mendorong Lembaga Pemasyarakatan yang mandiri, maju dan smart.

Ia menambahkan, Kemkumham Papua juga akan berkolaborasi dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura untuk membina narapidana agar mereka mandiri setelah menjalani hukuman badan. (Antara)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment